Program Studi Junalistik Fikom Unpad adakan Seminar Jurnalisme Multiplatform dan Transformasi Profesi Jurnalis

 

JATINANGOR –  Jumat, 16 Maret 2018 program studi (prodi) Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran(Fikom Unpad) bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurnalistik (HMJ) mengadakan kuliah umum bertema Jurnalisme Multiplatform dan Transformasi Profesi Jurnalis di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad untuk mahasiswa program studi jurnalistik.

Acara ini menghadirkan Nezar Patria, anggota Dewan Pers dan Pemimpin Redaksi The Jakarta Post sebagai pembicara, dan di moderatori oleh Basith Patria, dosen prodi Jurnalistik. Acara dibuka dengan sambutan oleh Dadang Rahmat Hidayat selaku Dekan Fikom Unpad, dan pemberian plakat kepada Nezar beserta dua tamu undangan dari Missouri School of Journalism.

Kemudian acara berlanjut dengan pemaparan materi oleh Nezar. “Jurnalisme multiplatform mulai dikenal dengan adanya internet, jurnalisme itu bagaimana menyampaikan informasi kepada audience dengan berbagai platform” ujar Nezar dalam pemaparannya saat membahas mengenai jurnalisme multiplatform.

Menurutnya hingga saat ini belum ada bentuk ideal struktur newsroom untuk jurnalisme multiplatform, dan itu biasanya ditentukan dengan tradisi yang dimiliki media masing-masing. Bahasan selanjutnya membahas mengenai transformasi pekerjaaan wartawan di era konvergensi media. Wartawan dituntut untuk bisa banyak hal, mulai dari megang kamera, mengedit video untuk menjawab tantangan era konvergensi media.

Mahasiswa pun terlihat antusias mengikuti kuliah umum ini, beberapa diantaranya mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Acara ini berlangsung dari pukul 12.30-15.30. Muhammad Fariansyah, mahasiswa jurnalistik yang menghadiri acara ini mengatakan bahwa pemaparan oleh Nezar merupakan materi yang penting bagi mahasiswa dalam memperkaya perspektif menyikapi tantangan media multiplatform saat ini. (Nadhen Ivan)

Profil Mahasiswa

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change

May 20, 2019

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change
Annisa Aji Anggoro, mahasiswi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fikom, terpilih sebagai delegasi Universitas Padjadjaran, dalam

Profil Dosen

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”

June 5, 2019

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”
Ade Kadarisman, dosen program studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad telah merilis buku yang berjudul Komunikasi

Profil Alumni

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya

April 20, 2019

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya
Muhammad Nur Hakim, Lahir di Palembang, 14 oktober 1993, Mas Hakim merupakan Alumni program studi hubungan masyarakat