Radio Unpad Gelar Bimbingan Teknis di Lab Radio Fikom Unpad.

 
Bimbingan Teknis Radio Unpad di Lab Radio Fikom Unpad.(Foto Dina Gurning)

Anggung ‘Angkuy’ Suherman “BottleSmoker” dalam Bimtek Radio.(Foto Dina Gurning)

JATINANGOR – Pengelola Radio Unpad menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Radio Unpad, Sabtu (30/5) hingga Minggu (31/5). Sebanyak 27 peserta dari berbagai fakultas di Unpad mengikuti acara yang diselenggarakan di Laboratorium Radio Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad, Jatinangor ini.

 
Kepala Pengelola Radio Unpad, Gantini Permana Dewi, S.Sos. mengatakan, para peserta Bimtek merupakan mahasiswa Unpad yang sudah melaksanakan dan lolos seleksi untuk menjadi pengelola Radio Unpad. Seleksi dilaksanakan mulai April hingga Mei 2015.

 
“Ada 109 mahasiswa yang mendaftar via online. Kemudian disaring menjadi 58 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administratif. Pada 8-9 Mei 2015 lalu, dilakukan seleksi wawancara, sehingga terpilih 27 peserta yang berhak mengikuti Bimtek sekaligus tergabung menjadi pengelola Radio Unpad,” ujar Gantini.

Ryan ‘Nobie’ Adzani "Bottle Smooker" memberikan materi tentang musik radio. (Foto Rina Gurning).

Ryan ‘Nobie’ Adzani “BottleSmoker” memberikan materi tentang musik radio. (Foto Rina Gurning).

Gantini juga menjelaskan, salah satu pertimbangan penyeleksian adalah tahun angkatan mahasiswa yang bersangkutan. “Angkatan muda lebih besar peluangnya dalam seleksi supaya periode kontribusinya sebagai pengelola Radio Unpad lebih panjang,” jelas Gantini.

 
Pemateri Bimtek terdiri dari para praktisi dan dosen Fikom Unpad. Pada hari pertama, materi mengenai musik dan audio mixing disampaikan oleh Anggung ‘Angkuy’ Suherman dan Ryan ‘Nobie’ Adzani. Nobie dan Angkuy merupakan duet punggawa proyek musik indie-tronic asal Bandung yang bernama Bottlesmoker dan juga alumni Fikom Unpad dan pengajar di Program D3 Penyiaran Fikom Unpad. Pada hari kedua, materi berita dan informasi disampaikan oleh Pandan Yudhapramesti MSi dan Efi Fadilah MPd, serta materi mengenai presenting disampaikan oleh Ahmad Basith. Ketiganya adalah Dosen Prodi Jurnalistik Fikom Unpad(Dina Gurning).