RETROSPEKSI CHRISTINE HAKIM: SKENARIO HIDUP SANG SINEAS

 

JATINANGOR – Program studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menyelenggarakan acara Retrospeksi Christine Hakim selama tiga hari dari tanggal 2 Mei 2018 hingga tanggal 4 Mei 2018, di Auditorium Pascasarjana Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

Acara Retrospeksi Christine Hakim yang mengusung tema Skenario hidup sang Sineas ini terbuka untuk umum, khususnya untuk pecinta film tanah air dan para calon sineas Indonesia. Acara ini adalah bentuk kolaborasi himpunan mahasiswa Televisi dan Film dengan pihak civitas akademika Program Studi Televisi dan Film untuk lebih mengenal tokoh dalam industri perfilman Indonesia.

Hari ketiga adalah sesi talkshow dan mengobrol bersama Christine Hakim, dipandu oleh Bu Siti Karlinah sebagai moderator. Pada sesi talkshow ini, peserta tidak hanya diajak berdiskusi mengenai produksi film yang diputar. Peserta juga diajak untuk mengenal lebih dekat sosok Christine Hakim tidak hanya sebagai tokoh pemain film, tetapi juga tokoh yang berdedikasi memajukan industri perfilman Indonesia.

Acara ini memutarkan lima film terbaik dari film-film Christine Hakim. Lima film yang diputar tersebut adalah film Kawin Lari (1975), Ponirah Terpidana (1984), Pengemis dan Tukang Becak (1978), Daun di Atas Bantal (1998), dan film dokumenter Serambi (2005). Sesi pemutaran film tersebut diselenggarakan selama dua hari dan dibagi menjadi dua sesi pemutaran setiap harinya.

Selain terdapat sesi pemutaran film dan sesi diskusi, terdapat pameran kecil berisi berbagai materi yang berkaitan dengan Christine Hakim. Materi pameran itu diantaranya ada aneka poster film, kliping pemberitaan, piala citra dan penghargaan, dan naskah film Cinta Pertama, Kawin Lari, Cut Nyak Dien, dan Di Balik Layar Kelambu.

Retrospeksi Christine Hakim: Skenario Hidup Sang Sineas ini mendapat dukungan dari segenap civitas akademika Prodi Televisi dan Film dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dan media partners (Pusbang Film, Sinematek Indonesia, Tribun Jabar, Pikiran Rakyat, Harian Umum Galamedia).

“Acara ini menurut saya sangat istimewa, karena tidak hanya screening film-film lawasnya Bu Christine saja, tetapi juga mendiskusikan beberapa film yang beliau bintangi. Pada rangkaian ini kami tidak hanya mengajak peserta berdiskusi mengenai latar belakang ibu Christine Hakim sebagai pemain film, tetapi juga sebagai tokoh yang membangkitkan Industri Perfilman Indonesia. Karena itu kami dari prodi Televisi dan Film sangat antusias mengadakan acara retrospeksi ini,” ungkap Jasmine Shafira, selaku ketua pelaksana acara Retrospeksi Christine Hakim: Skenario hidup sang Sineas.

Acara ini ditutup dengan persembahan lagu Original Soundtrack (OST) Film Cinta Pertama yang dibawakan oleh mahasiswa prodi Televisi dam Film dimana Christine Hakim juga ikut menyanyi.* (HIMA TVF Fikom Unpad)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu