Rismawati, Dosen Unikom Bandung Raih Gelar Doktor Komunikasi

 

DSC02983

BANDUNG – Komunikasi pembelajaran yang dirancang dan diatur secara efektif, efisien dan menarik bagi peserta didik memungkinkan peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri, baik secara fisik maupun nirfisik sehingga ia dapat menjalankan hidup dan kehidupannya sesuai dengan harapan dirinya, keluarganya, masyarakat, bangsa dan negara. Serta dapat ,menjawab tantangan peradaban yang semakin maju.

 
Rismawati (45) dosen Unikom Bandung mengungkapkan hal itu dalam disertasinya yang dipertahannya dalam sidang promosi doktor Ilmu Komunikasi dari Fikom Unpad, belum lama ini di Gedung Program Pascasarjana kampus Unpad Dipatukur Bandung. Rismawati tampil dengan judul disertasi “Fenomenologi Trainer dalam Komunikasi pelatihan di Kota Bandung”.

 
Rismawati dipromotori oleh Dr.Anter Venus,MA.Comm, Dr.Asep Suryana,MSi dan Dr.Jenny ratna Suminar MSi. Bertindak sebagai oponen ahli Prof.Deddy Mulyana MA,PhD, Prof.Dr.Idrus Affandi serta Dr. Rd.Funny Mustikasari E,MSi.

 
Risma meneliti tentang maraknya para trainer yang belakangan bermunculan di kota-kota besar seperti Bandung. Diapun meneliti sejumlah trainer di kota Bandung diminati oleh khalayak karena memiliki kecakapan komunikasi dan interaksi, unik sehingga memiliki daya tarik bagi khalayaknya. Risma menggali tentang pemaknaan trainer terhadap komunikasi pelatihan, pengalaman komunikasi para trainer, motif berkomunikasi para trainer serta aneka faktor keberhasilan komunikasi.(AA)