Rombongan SMA Fons Vitae 1 Jakarta Kunjungi Fikom Unpad

 

SMA-Vithon-1

JATINANGOR – Sebanyak 95 siswa didampingi oleh 4 orang guru SMA Fons Vitae 1 Jakarta mengunjungi Fikom Unpad, Jumat (23/10). Kedatangan mereka disambut oleh Kepala Humas Fikom Unpad, Aat Ruchiyat Nugraha, M.Si dan Sekretaris Program D3 PAKT Fikom Unpad, Dr. Edwin Rizal, M.Si di Aula Moestopo Gedung 4, kampus Fikom Unpad Jatinangor.

 
Salah seorang guru yang memimpin kunjungan rombongan SMA Fons Vitae 1 Jakarta ini menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan ke Fikom Unpad, yaitu ingin mengenal Fikom Unpad dan program-program yang ada di dalamnya. Selain itu, kunjungan seperti ini juga bisa memotivasi sebagian besar siswa yang hadir untuk dapat meraih mimpinya berkuliah di Fikom Unpad serta merasakan atmosfir kampus secara langsung.

 
Setelah menyampaikan maksud kedatangannya, rombongan SMA Fons Vitae 1 Jakarta diberikan tayangan video profil Unpad yang meliputi pemaparan singkat keenambelas fakultas di Unpad. Tak ketinggalan pula video profil Fikom Unpad pun turut diputarkan.

 
Aat Ruchiyat Nugraha, M.Si menyampaikan penjelasan secara menyeluruh dan detail mengenai Fikom Unpad, mulai dari pola penerimaan mahasiswa baru PTN, perbandingan peminat dan mahasiswa diterima yang mencapai 1: 104 untuk prodi TV dan Film, kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa, beasiswa, prestasi mahasiswa dan dosen, kiprah alumni, sampai award yang diterima Fikom Unpad sebagai The Best School of Communication selama 5 tahun berturut-turut.

 
Kunjungan ini juga dihadiri oleh dua orang mahasiswa berprestasi dari Fikom Unpad. Kedua mahasiswa ini bercerita tentang pengalamannya selama berkuliah di Fikom, mata kuliah yang paling berkesan, beasiswa yang mereka dapatkan, pengalaman mengikuti pertukaran pelajar ke Korea Selatan, kesempatan mengikuti konferensi dan kegiatan mancanegara, sampai peluang berkarier setelah lulus kuliah.

 
Pemaparan tentang Fikom Unpad ternyata mengundang antusiasme dari siswa yang hadir. Hal ini terbukti dari banyaknya siswa yang penasaran dan mengacungkan tangannya ketika sesi bertanya dibuka.

 
Salah seorang siswa yang hadir bertanya, “Di media massa kan banyak orang-orang yang tidak dari jurusan ilmu komunikasi, tapi dari ekonomi dan lain-lain. Apakah mahasiswa ilmu komunikasi tidak bisa bersaing dengan mereka untuk bekerja di media?”

 
Pertanyaan ini dijawab oleh Dr. Edwin Rizal, M.Si yang menyinggung soal passion. “Tidak semua mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komunikasi memiliki passion di bidang media. Mereka banyak bekerja di perusahaan multinasional, menjadi pengusaha, bahkan menjadi tenaga pendidik.”

 
Dalam menutup kunjungan kali ini, rombongan SMA Fons Vitae 1 Jakarta menonton video buatan mahasiswa dari Prodi Jurnalistik Fikom Unpad yang menceritakan kisah suka-duka mahasiswa. (Margaretha Sinaga)