Ronal Surapradja, Bodor Sejak Jaman Kuliah

 
Ronal Surapradja (Foto Sidomi.com)

Ronal Surapradja (Foto Sidomi.com)

RONAL SURAPRADJA, salah satu entertainer terkenal ini adalah alumni Jurusan Mankom Fikom Unpad angkatan 1996. dan lulus di tahun 2001. Semasa kuliah di Fikom Unpad Ronal merupakan mahasiswa yang supel sehingga banyak memiliki teman.

 
Komedian kelahiran Bandung 26 Mei 1977 ini sekolah di salah satu sekolah favorit di Bandung, SMA 5. Dia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan dengan berkuliah di Universitas Padjadjaran. Fakultas Ilmu Komunikasi ia pilih sebagai jalan untuk menjadi seorang sarjana.

 
Mulai dikenal publik pertama kali ketika ia bermain di sebuah acara sketsa komedi bernama Extravaganza pada 2003. Karirnya sebagai selebriti pun terus menanjak menyusul kesuksesan acara komedi tersebut pada masa itu. Di acara ini pula ia dipertemukan dengan Aming yang juga lulusan SMA Negeri 5 Bandung.

 

 

Sayang Extravaganza, sekarang sudah tidak ditayangkan lagi. Tetapi itu tidak berarti kesibukannya berkurang. Selain menjadi komedian, Ronal juga menjadi penyiar di Jak FM bersama Tike Priyatnakusumah yang juga komedian asal Bandung.

 
Ronal pernah membintangi beberapa film diantaranya Vina Bilang Cinta dan Janji Joni pada 2005, dan Dunia Lain the Movie pada 2006. Selain bermain film, Ronal juga pernah membintangi beberapa talkshow seperti, Bincang-Bincang (RCTI), Klab Dangdut (SCTV), Gala Campione (Lativi), dan Coffe Bean Show (Trans TV).

 
Ronal menikahi Seruni Purnamasari pada 2008. Hingga kini ia telah dikaruniai dua orang anak. Putra pertamanya bernama Anaking Raka Praceka lahir pada 2010 lalu. Sedangkan putri keduanya, bernama Aikani Rayi Respati lahir pada 12 Desember 2013. Ronal mengakui, dirinya merupakan seorang family man. Ronal mengaku sebagai penganut Teori Equilibrium atau Teori Keseimbangan, sehingga ia berusaha untuk menyeimbangkan antara urusan karir dan keluarga.

 
Selain tampil di dunia akting dan lelucon, Ronal juga pernah rekaman tiga album musik yang berbeda aliran. Di Album pertama dia mengeluarkan aliran disko, album kedua rock dan ketiga jazz. Bakatnya di musik memang sudah terlihat sejak jaman Mahasiswa. Menurut Ilham Gemiharto, MSi (dosen Prodi Mankom) kakak kelasnya semasa kuliah dulu di Jurusan Mankom, Ronal dikenal sebagai seniman kampus. Dia seringkali tampil sebagai penyanyi. Selain itu, sejak mahasiswa juga dikenal sebagai mahasiswa humoris alias tukang bodor.

 
Karena bodor dan tukang bermusik, dia akhirnya diajak oleh Endit alias Andrian Syahputra, kakak kelasnya jaman kuliah di jurusan Mankom untuk memperkuat barisan Extravaganza di Trans TV. Endit dikenal sebagai seorang produser acara hiburan di TransTV. Sejak itulah nama Ronal Surapraja terus berkibar sampai kini.(Raka Lestari/Stefanus Maudhika)
.