Rudi Djamil, Alumni Senior yang Tetap Eksis di Dunia Entertain

 
Rudi-Jamil-1

Randhika Djamil dan Rudi Djamil, Anak dan Bapak yang jago “ngemsi” (Foto Ist).

KANG RUDI, begitu beliau kerap disapa, adalah salah satu alumni dari Program Studi Hubungan Masyarakat (Humas) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran angkatan tahun 1967. Pria kelahiran 12 Agustus 1946 ini bernama lengkap Drs. Rudi Sobrun Djamil.

 

Ramah dan jenaka, adalah kesan pertama dari seorang Rudy Djamil pada saat bertemu. Di masa perkuliahan, ia mengaku sangat akti dalam berbagai jenis kegiatan, baik internal maupun eksternal. Karena kejenakaannya inilah ia menjadi termasyur di jamannya.

 

Jaman dia kuliah dan Fikom masih bernama Fakultas Publisistik Rudy selalu dipercaya untuk menjadi Divisi Acara Pusat dari Pekan Orientasi Studi Mahasiswa (POSMA) atau sering juga disebut Masa Pra Bakti Mahasiswa (MAPRAM) di tahun 70-an. Ia acapkali menjabat sebagai koordinator acara sekaligus menjadi wakil dari Fikom Unpad dan mengoordinasikan 11 wakil lainnya dari 11 fakultas pada masa tersebut. Di Jamannya, Rudi adalah bintang kampus Unpad yang kesoror karena kejenakaannya dalam membawakan sebuah acara di atas panggung terbuka. Di jamnnya, hampir seluruh sivitas akademika Unpad mengenal sosok bernama Rudi Jamil ini.

 

Rudi juga ikut memperkuat sebuah kelompok vokal yang amat terkenal di tahun 70-an. Dia menjadi salah satu vokalis GPL (Grup Pencinta Lagu) yang dikomandani oleh seniornya dari Fakultas Pertanian, Iwan Abdulrahman. Grup ini beranggotakan 40 mahasiswa Unpad yang selalu tampil membawakan lagu-lagu rakyat dari lima benua.

 

Tidak banyak yang tahu, pria yang pernah membintangi sejumlah film nsional dan juga sinetron ini tak hanya aktif dalam bidang hiburan kampus, Rudy juga pernah menjadi asisten dosen untuk beberapa mata kuliah, seperti Dasar Psikologi, Public Relations dalam Praktek, dan juga Statistik. Ia juga pernah menjadi asisten Dekan Ketiga Fikom Unpad Dr. Phil. Astrid S. Sutanto. Di lain sisi, ia pernah berkesempatan untuk mewakili Unpad dalam perlombaan cabang olahraga hoki di Pekan Olahraga Daerah (PORDA) dan tenis meja di tingkat Jawa Barat pada tahun 1969.

 

Rudi Djamil memang dikenal sebagai seorang pembawa acara (MC). Sejak duduk di bangku kuliah, ia selalu dipercaya untuk membawakan berbagai acara, mulai dari acara internal, inaugurasi, reuni, dan acara bergengsi lainnya. Ia mengaku mendapatkan uang Rp 500 sebagai bayaran pertamanya.
Selepas meraih gelar sarjana, ia sempat menjadi peterjun payung pada tahun 1978 dan mencoba masuk ke dalam ranah pariwisata. Pria yang selalu berpakaian necis ini pernah bekerja mulai dari Dinas Pariwisata Jawa Barat Dinas Pariwisata Jawa Timur, Pupuk Kujang hingga Departemen Perdagangan. Puas dengan berbagai pengalaman yang ada, ia kembali menggeluti hobinya dan bekerja di bidang entertainment.

 

Rudi pun suaranya akrab di telingan orang Bandung karena dia pernah menjadi penyiar radio di beberapa stasiun radio ternama. Sebut saja, Radio Mara, Prambors Jakarta, dan OZ Radio Bandung. Di radio Mara, ia acapkali siaran bareng dengan Kang Ibing dan Aom Kusman, dua tukang bodor yang sudah almarhum.

 

Ia juga membiayai hidupnya dari penghasilan sebagai pembawa acara dari satu panggung ke panggung lainnya. Ia percaya bahwa ilmu yang telah dipelajari saat duduk di bangku perkuliahan dapat mengolah pikiran kita bagaimana dalam mencari konten-konten menarik, terutama ketika membawakan acara.

 

Menurun Ke Anaknya

Kini, ia telah memiliki empat buah hati dari pernikahannya dengan Ribonowati yang notabene perwakilan dari Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran pada saat kegiatan Mapram pada waktu itu. Peribahasa yang mengatakan buah tidak pernah jatuh jauh pohonnya berlaku bagi Rudi. Keempat anaknya menggeluti dunia entertainment dan seni panggung layaknya Rudi Djamil.

 

Randhika Djamil, salah satu anak Rudi, yang juga alumni Prodi Humas Fikom Unpad angkatan 2003, juga memiliki bakat yang sama dengan ayahnya. Randhika juga kocak dalam membawakan sebuah acara di panggung. Pada Dies Natalis ke-55 Fikom Unpad, bapak dan anak ini didaulat oleh panitia menjadi MC pada acara Temu Alumni Fikom Unpad yang berlangsung Oktober lalu di kampus Fikom Unpad Jatinangor. (Ryan Gushendra)