Ryan Putra Gushendra (Fikom Unpad) lolos sebagai Finalis Abang Jakarta Timur

 

Ryan-Finalis-Abnon-edit-2JAKARTA – Ryan Putra Gushendra, mahasiswa Prodi Mankom Fikom Unpad angkatan 2012 berhasil lolos menjadi finalis seleksi Abang None Jakarta Timur. Ryan berhasil mengalahkan 600 peserta lainnya. Finalis ini akan diadukan lagi di tingkat Provinsi DKI.

 
Menurut Ryan, seleksi Abang None ini cukup ketat, mulai dari pengetahuan umum, pemerintahan DKI Jakarta, kebudayaan Betawi, Bahasa Inggris, unjuk bakat, dan lainnya. Tahapan seleksi tersebut dilakukan untuk menyaring generasi muda berkualitas yang dapat mempromosikan pariwisata di Jakarta. Dari 600 peserta, terpilih 30 orang (15 abang dan 15 none).

 
Setelah dinyatakan lolos seleksi, Ryan mengikuti pembekalan yang disampaikan oleh para alumni Abnon Timur yang sudah berpengalaman. Selebritis Indra Bekti, satu diantaranya. Jenis pembekalannya adalah personal branding, teknik memandu acara (MC), dan teknik berbicara di depan media, Focus Group Discussion, motivasi, pemerintahan, kebudayaan Betawi, dan masih banyak lagi. Jadwal yang padat membuat Ryan sulit untuk membagi waktu antara kuliah dan pembekalan.

 
“Alhamdulillah semua teratasi karena dukungan semua pihak, dosen, orangtua, dan teman-teman,” papar Ryan, peraih peringkat pertama Mahasiswa Berprestasi di Prodi Mankom.

 
Ryan juga harus mengikuti latihan nandak. Nandak itu tarian khas Betawi yang menjadi ciri khas Abnon yang akan ditampilkan di malam final.

 
“Abnon Timur Nandaknya paling oke setiap tahunnya,” ungkap Ryan yang sangat senang dapat menguasai tarian ini. “Latihannya melelahkan dan lama, dari pukul 17.00 sampai 24.00. Gerakannya beragam dari yang mudah sampai sangat sulit,” tambahnya. Di sela-sela waktu latihan, Ryan juga tampil di showcase public speaking di Cipinang Indah Mall untuk menguji sebaik apa kemampuan public speaking finalis Abnon Jakarta Timur.

 
“Saya bersyukur bisa menjawab pertanyaan juri dengan lancar, saya juga memperkenalkan diri dengan bahasa Spanyol dan diapresiasi banyak orang,” ujar Ryan yang juga mahir berbahasa Korea ini.

 
Menurut Ryan keuntungan ikut Abnon adalah dapat banyak ilmu, pengalaman, ketemu teman-teman baru, menambah relasi dengan banyak pihak, dan juga mendapatkan keluarga baru.

 

 

Menang atau kalah itu hal biasa, yang terpenting adalah selalu melakukan yang terbaik dalam setiap situasi agar tidak menyesal di akhir,” ungkap Ryan yang puas dengan terpilihnya ia sebagai finalis Abnon Jakarta Timur. (Evelynd)