Sebanyak 50 Orang Mahasiswa Prodi Ilkom Kalbis Institute Kunjungi Fikom Unpad

 
20140512225817-Kalbis 5-14

Dekan Kalbis Isntitute, Dr. Hadi Sutopo, S.Kom, M.MSI memberikan cendemata kepada Fikom Unpad yang diterima oleh Kepala P2K2M Fikom Unpad, Dr.H.Dede Mulkan MSi

JATINANGOR – Program Studi Ilmu Komunikasi Kalbis Institute mengadakan kunjungan edukasi/ studi banding ke Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Senin (12/4) pukul 9.00 – 12.00 WIB. Sekitar lima puluh orang mahasiswa dan lima orang dosen pendamping dari Kalbis Institute memenuhi Ruang Oemi Abdurrahman Gedung 1 Fikom Unpad.

Kalbis Institue adalah sebuah institusi pendidikan swasta yang ada di daerah Pulomas Jakarta Timur. Kalbis Institute berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kalbe dan bekerjasama dengan Yayasan Bina Nusantara yang berdiri sejak tahun 1992. Kalbis Institute terdiri atas dua fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Komputer & Ilmu Komunikasi. Fakultas Ekonomi terdiri dari tiga program studi, yaitu prodi Akuntansi, prodi Manajemen, dan prodi Magister Manajemen. Sedangkan Fakultas Ilmu Komputer dan Ilmu Komunikasi terdiri dari tiga program studi, yaitu prodi Teknik Informatika, prodi Sistem Informasi, dan prodi Ilmu Komunikasi.

“Fokus dari kunjungan edukasi Kalbis Institute ini adalah untuk menambah pengalaman dan pengetahuan para dosen dan mahasiswa Kalbis Institute mengenai jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran dan berbagai aktifitas akademis maupun non akademis,” ujar Dr. Hadi Sutopo, S.Kom, M.MSI, Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Ilmu Komunikasi Kalbis Institute.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang metode pengajaran teori dan praktikum, kurikulum, pembuatan jurnal dan penelitian, pembinaan dosen, dan berbagai hal yang dapat meningkatkan kapasitas dosen-dosen Kalbis Institute sebagai tenaga pendidik bidang ilmu komunikasi. “Tentu saja hal ini juga bermanfaat bagi civitas akademika Kalbis Institute, seperti pengembangan sarana dan prasarana, serta pembentukan unit kegiatan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi di Kalbe Institute,” ungkap Davis Roganda Parlindungan, S.Sos, M.Si, Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Kalbis Institute.

“Niat baik mahasiswa ilmu komunikasi Kalbe Institute untuk mempelajari bagaimana bentuk keorganisasian mahasiswa di Fikom Unpad adalah hal penting karena sebagai mahasiswa perlu adanya soft skill yang dapat dikembangkan dalam berorganisasi,” papar Hairum Fellayati, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurnalistik Fikom Unpad yang hadir menerima kunjungan ini

Sasaran kegiatan ini selanjutnya adalah untuk ke depannya ada jalinan kerjasama antara Kalbis Institute dengan Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran dalam hal pendidikan dan pengajaran serta penelitian maupun publikasi dan pengabdian kepada masyarakat. (Evelynd)