Sebanyak 735 Orang Resmi Jadi Mahasiswa Fikom Unpad

 
Prrosesi Sidang Terbuka Senat FIKOM UNPAD. (Foto : Suwito)

Prrosesi Sidang Terbuka Senat FIKOM UNPAD. (Foto : Suwito)

JATINANGOR – Sebanyak 735 orang mahasiswa baru angkatan 2014 secara resmi diterima sebagai sivitas akademika Fikom Unpad dalam prosesi Sidang Terbuka Senat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Rabu (20/8) di kampus Fikom Unpad. Prosesi sidang terbuka ini dihadiri oleh pimpinan fakultas, dosen, tenaga kependidikan dan para pimpinan lembaga kemahasiswaan di lingkungan Fikom Unpad.

 
Sidang Terbuka yang dihadiri oleh Wakil Rektor-I, Prof.Dr.H.Engkus Kuswarno MS , yang juga dosen Fikom Unpad ini, dibuka oleh Sekretaris Senat Fakultas, Tri Damayanti MSi. Dekan Fikom Unpad Prof. H.Deddy Mulyana MA,PhD berhalangan hadir karena tengah menjalankan tugas sebagai asesor internasional, external examiner dan pembicara kunci di Universitas Malaya Kualalumpur Malaysia bersama sejawat dari Amerika dan Australia.

 
Wakil Dekan-1, Fikom Unpad, Dr.Atwar Bajari MSi, menyatakan, jumlah mahasiswa baru yang melakukan registrasi ke Fikom Unpad tahun ini sebanyak 735 orang. Jumlah ini terdiri dari mahasiswa program D3, S1, S2 dan pascasarjana. “Dibandingkan tahun lalu, mahasiswa baru Fikom Unpad mengalami penurunan. Tahun 2012 kita menerima 974 orang, sedangkan tahun 2013 sebanyak 1.162 orang” papar Atwar.

 

Mahasiswa Baru 2014

Mahasiswa Baru 2014

Masih Tertinggi
Peminat untuk berkuliah di Fikom Unpad, ungkap Atwar Bajari tahun ini masih tetap tinggi. Tahun ini pendaftar SNMPTN, Fikom masih masuk dalam tiga kelompok tertinggi peminat calon mahasiswa di lingkungan Unpad. Tiga fakultas itu adalah Fikom, Fak Ekonomi dan Bisnis, serta Fak Kedokteran, dengan jumlah peminat sebanyak 12.278 orang. Sedangkan melalui jalur SBMPTN tercatat sebanyak 8.272 orang peminat ke Fikom Unpad.

 
Itu baru program S1. Untuk program diploma, sambung Atwar sebanyak 2.910 orang mendaftarkan diri, padahal program diploma hanya menerima sekitar 10% dari jumlah pendaftar, yakni sebanyak 334 orang. Sedangkan untuk program magister, Fikom menerima 54 orang mahasiswa baru dan program doktor hanya menerima 35 orang.

 

Pimpinan Fikom Unpad (Foto Suwito)

Pimpinan Fikom Unpad (Foto Suwito)

Asal Daerah
Komposisi mahasiswa baru tahun ini jika diklasifikasikan berdasarkan asal daerah, papar Atwar, propinsi Jawa Barat merupakan provinsi terbanyak, disusul DKI Jakarta dan Sumatera Barat. “Tahun 2013, posisi ketiga ditempati oleh Provinsi Banten” ujar Atwar. Sedangkan berdasarkan jenis kelamin, tahun ini persentase perempuan mencapai 62,04%. Tahun 2013 bahkan mencapai 67,04%.

 
Para mahasiswa baru, khususnya program D3 dan S1, dalam tiga hari akan melaksanakan masa orientasi studi dan pengenalan kampus (Ospek). Acara ini bukan acara perpeloncoan tetapi lebih bersifat akademis. (AA)