Sehat Mental di Era Digital

 

Jatinangor (4/4) – Pusat Studi Komunikasi Kesehatan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran bekerjasama dengan Yayasan Sehat Mental Indonesia mengadakan Kuliah Umum yang bertajuk “Sehat Mental di Era Digital.” Tema ini dipilih karena melilhat fenomena masalah kesehatan mental yang dilatarbelakangi adanya perundungan memalui media sosial. Acara ini diselenggarakan di Ruang Sidang Doktoral Gd. Pascasarjana Fikom Unpad hari Kamis, 4 April 2019. Hadir sebagai narasumber dr. Rama Giovani, Sp. KJ, Dr. Herlina Agustin, M.Si dan Dr. Susanne Dida, M.M.

dr. Rama Giovani, Sp. KJ
Founder Switch Up!

Kepala pusat studi komunikasi kesehatan Dr. Susanne Dida, M.M dalam sambutannya menyatakan bahwa isu kesehatan mental ini telah menjadi topik hangat diskusi di Pusat Studi. Pusdi Komkes juga melihat fenomena perundungan di media sosial yang semakin meresahkan hingga tindakan melukai diri sendiri (self harm) yang ditayangkan secara langsung di media sosial. Untuk itu perlu dibangun kesadaran para akademisi komunikasi dan masyarakat untuk lebih terbuka mengenai kesehatan mental dan gangguannya, khususnya di era digital seperti sekarang ini.

dr. Rama Giovani, Sp. KJ atau biasa dipanggil Kang Rama, memaparkan bahwa masalah kesehatan mental ibarat fenomena gunung es. Intensitas penggunaan media sosial yang cukup tinggi, berdampak pada menurunnya self-esteem, dan meningkatnya depresi, kecemasan, dan perasaan kesepian pada seseorang. Pendiri komunitas Switch Up! ini, juga menjelaskan hanya sedikit orang yang meyadari bahwa dirinya mengalami gangguan kesehatan mental. Sebagian besar orang-orang enggan mengkonsultasikan masalah kesehatan jiwa ataupun mental ke psikolog atau psikiater karena mengangap bahwa hal ini hanya diperuntukan bagi orang dengan gangguan jiwa berat atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Dr. Herlina Agustin, M.Si
Aktifis Komunitas Peduli Skizofernia Indonesia

Menanggapi fenomena tersebut, Dosen Fikom UNPAD Dr. Herlina Agustin, M.Si, menyatakan bahwa mahasiswa, khususnya mahasiswa rantau yang tidak tinggal dengan orang tua atau keluarga, juga rentan mengalami gangguan mental namun tidak cukup berani untuk berkonsultasi. “Jangan kan berpikir untuk berkonsultasi. Untuk berpikir kebutuhan sehari-hari dan tugas kuliah saja mereka juga sudah cukup berat”.

Untuk itu, Herlina agustin yang juga tergabung sebagai aktivis di KPSI (Komunitas Peduli Skizofernia Indonesia) mengimbau bahwa penting bagi mahasiswa untuk tetap berinteraksi dan menjaga hubungan dengan teman-teman di dunia nyata. Media Sosial yang terdapat di dunia maya memang menawarkan banyak hal. Tapi media sosial tidak bisa menjadi solusi terhadap permasalahan pribadi seseorang yang berbeda dan unik.

Undang-undang Republik Indonesia no 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa, pada pasal 1 menjelaskan bahwa Kesehatan Jiwa adalah kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya.

Seseorang yang merasa depresi, kecemasan yang terus menerus, ketakutan dan perasaan terasing tentunya tidak dapat mencapai kulitas hidup yang baik dan berkontribusi sebagai anggota masyarakat. Untuk itu diperlukan upaya yang terintegrasi, komprehensif, dan berkesinambungan dari pemerintah, lembaga kesehatan, lembaga pendidikan, lembaga keagamaan, media massa dan masyarakat. Fikom Unpad sebagai lembaga pendidikan melalui Pusat Studi Komunikasi Kesehatan turut serta dalam upaya promotif bersama upaya kesehatan lainnya.

Melalui kegitan ini diharapkan semakin banyak diskusi, kerjasama dan penelitian antara bidang ilmu komunikasi dan ilmu kesehatan jiwa. (RD)

Tags: , , , ,

Profil Mahasiswa

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change

May 20, 2019

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change
Annisa Aji Anggoro, mahasiswi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fikom, terpilih sebagai delegasi Universitas Padjadjaran, dalam

Profil Dosen

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”

June 5, 2019

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”
Ade Kadarisman, dosen program studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad telah merilis buku yang berjudul Komunikasi

Profil Alumni

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya

April 20, 2019

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya
Muhammad Nur Hakim, Lahir di Palembang, 14 oktober 1993, Mas Hakim merupakan Alumni program studi hubungan masyarakat