Sekitar Rp 1 Milyar, Fikom Unpad Anggarkan Penelitian dan Pengabdian PNBP

 

JATINANGOR – Sedikitnya sekitar Rp 1 milyar, Fikom Unpad menganggarkan dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari pos PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Diharapkan dosen Fikom Unpad dapat menghasilkan aneka produk penelitian dan pengabdian yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

 
Menurut Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian dan Penerbitan (LP3) Fikom Unpad, Dr.Asep Suryana MSi, Rabu (15/4) dalam pertemuan di Ruang Oemi Abdurahman, untuk peneliti muda (Asisten Ahli) disediakan untuk 11 kelompok penelitian dengan dana masing-masing kelompok antara Rp 12 juta hingga Rp 15 juta. Sedangkan bagi peneliti Madya (Lektor dan Lektor Kepala) ada kuota untuk 35 kelompok masing-masing akan dibiayai sekitar Rp 20 juta/ kelompok.

 
Selain penelitian, Dosen Fikom Unpad juga diberi kesempatan untuk membuat aneka program pengabdian masyarakat dengan anggaran Rp 2,5 juta/orang, sehingga kalau setiap kelompok terdiri dari 4 orang tersedia dana Rp 10 juta untuk setiap kelompok. Diperkirakan dana penelitian dan pengabdian dari PNBP ini untuk tahun 2015 ini anggarannya mencapai kisaran Rp 1 milyar.

 
Skema penelitian PNBP Fikom Unpad tahun 2015 ini, ungkap Asep Suryana, bertemakan budaya, kebijakan dan informasi. Topik unggulannya mengacu kepada rencana induk penelitian Fikom Unpad Tahun 2015. Topik unggulan tersebut meliputi 14 topik penelitian.

 
Penelitian ini, diharapkan menghasilkan karya artikel ilmiah yang dapat dimuat di jurnal nasional atau bahkan di jurnal internasional. Pihak LP3 memberi batas waktu 8 Mei 2015 untuk pengajuan proposal, dan diharapkan pada Oktober 2015 penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sudah selesai dilaksanakan. (AA)