Seminar dan Workshop Karir: FIKOM Goes To Work 2017

 

JATINANGOR – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fikom Unpad Kabinet Holistika sukses menyelenggarakan acara seminar dan workshop FIKOM Goes To Work 2017 pada hari Kamis, 2 November 2017 pukul 13.00-17.00 WIB. Acara ini merupakan program kerja tahunan BEM Fikom Unpad yang berada di bawah naungan Divisi Profesi dan Keilmuan (PROFIL). Dengan tagline “Be prepared, be ready”, acara ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dan fresh graduate menjadi unggul dalam persaingan tenaga kerja melalui kemampuan membuat Curriculum Vitae (CV) dan motivation/cover letter yang tepat, menjalin networking yang luas dengan LinkedIn, dan mengikuti sesi wawancara dengan baik.

Acara ini dibagi dalam 4 materi yang diisi oleh pembicara yang pakar di bidangnya dan dibimbing oleh seorang moderator, Natasya Terra. Setiap materi terbagi ke dalam tiga sesi yaitu paparan materi, review atau simulasi, dan tanya jawab. Materi pertama, “The A Class CV : How Should It Be?” disampaikan oleh Irene Anastasia, Talent Engagement & Communication Senior Associate MullenLowe Group Indonesia. Dalam presentasinya Irene berbicara mengenai bagaimana seharusnya CV sebagai representasi diri seseorang dalam bentuk tulisan itu dibuat hingga mampu membuat perekrut tertarik meloloskan pelamar. Materi kedua,“Expand Your Network by Creating A Professional LinkedIn Profile” disampaikan oleh Arry Khaminov Rizky, Vice President Students Catalyst. Kali ini Arry membahas LinkedIn sebagai media sosial, mampu membuat CV lebih atraktif dengan fitur networking-nya. Materi ketiga, “Guide To Excellent Motivation/Cover Letter” disampaikan oleh Wahyuningrat, Director Public Affairs IMOGEN Public Relations. Wahyu memaparkan bagaimana motivation letter yang dibuat dengan tepat dapat menunjukkan perekrut bahwa seorang pelamar memiliki inisatif dan niat yang tinggi untuk diterima di perusahaan perekrut. Materi terakhir, “Create A Good Impression At Your Interview” disampaikan oleh Adita Primasti, Recruitment and Selection Officer Kompas TV. Selain menjelaskan bagaimana mengikuti wawancara dengan baik, Adita juga mengadakan sesi simulasi wawancara dengan dua peserta seminar untuk menunjukkan secara jelas situasi dalam sebuah wawancara.

Pada awalnya, Profil BEM menargetkan sedikitnya 100 peserta dari Unpad untuk hadir di FIKOM Goes To Work tahun ini, namun peserta yang hadir mencapai 161 orang dan merupakan mahasiswa dari berbagai universitas di Jawa Barat, tidak hanya Unpad saja. Yang menarik dari FIKOM Goes To Work kali ini adalah adanya pemberian hadiah yang dipersembahkan oleh masing-masing perusahaan pembicara kepada 3 CV dan LinkedIn Profile terbaik, 2 peserta yang berani mengikuti simulasi wawancara, serta peserta yang aktif bertanya pada setiap sesinya. Di akhir acara, beberapa peserta yang mampu merangkum seluruh isi materi seminar dan menjawab pertanyaan dari pembawa acara beruntung untuk mendapatkan hadiah utama yang dipersembahkan oleh IMOGEN Public Relations. Raka merupakan peserta yang berhasil membawa pulang hadiah dari dua perusahaan sekaligus berkat keaktifannya untuk bertanya dan menjawab pertanyaan. Ia berkata, “Sangat banyak untung yang saya dapatkan dari Fikom Goes To Work. Selain bisa mendengar 4 pembicara yang menarik dan berpengalaman, panitia juga menyediakan konsumsi gratis. Saya juga sangat beruntung karena bisa dapat 2 hadiah sekaligus”.

Acara kemudian ditutup dengan pemberian plakat dan piagam penghargaan kepada masing-masing pembicara oleh Ketua BEM Fikom Unpad, Nadia Febriani.

“Mengikuti acara Fikom Goes To Work merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Kapan lagi saya bisa mendengarkan 4 materi tentang persiapan kerja sekaligus secara gratis,” Ujar salah satu peserta seminar, Pandora, yang rela datang jauh dari kampusnya di UPI Bandung. (Hana Alifah Sakina)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu