Seminar Keterbukaan Infomasi Publik, Kerjasama Fikom Unpad dengan Dinas Kominfo Jabar

 

JATINANGOR –Dalam rangka mewujudkan transparasi penyelenggaraan pemerintahan sesuai UU Keterbukaan Informasi Publik, Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan seminar bersama dengan tema “ Peran Mahasiswa Dalam Mendukung Transparansi Penyelenggaraan Pemerintahan di Provinsi Jawa Barat “.  Pada tanggal 18 Oktober 2018 pukul 09.00 – 12.00 WIB bertempat di Auditorium Pascasarjana Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Jatinangor.

Seminar ini dimoderatori oleh Dr. Dian Wardiana Sjuchro, M.Si dan sebagai pembicara antara lain Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos.,SH.,M.Si., Dr. Suwandi Sumartias, M.Si., Ade Kadarisman, Ph.D., dan Achmad Abdul Basith, M.Ikom., pada paparan materinya terutama sebagaimana yang disampaikan oleh Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos.,Sh.,M.Si. menyampaikan pentingnya mempelajari Perundang-Undangan yang berlaku misal UU Pers, UU Keterbukaan Informasi Publik dan yang lainnya agar terhidar dari Pelanggaran Hukum, Menulis dan Menyampaikan/menyajikan informasi yang jujur dan benar serta bermanfaat bagi masyarakat.

Hal yang hampir senada juga disampaikan oleh Achmad Abdul Basith, bahwa menyampaikan data dan informasi tidak akurat,  kurang lengkap dan tidak dicantumkan sumbernya berpotensi menjadi berita fitnah besar dan berbahaya apabila disebarluaskan baik lewat media sosial maupun media massa.

Adapun Dr. Suwandi Sumartias, M.Si., menyinggung tentang informasi Tenaga Kerja Asing yang datanya masih simpang siur yang disajikan oleh Kemetrian Tenaga Kerja dan hal ini sering dipakai sebagai bahan komoditi percaturan politik di negeri ini yang terkadang melukai hati rakyat.

Ade Kadarisman, Ph.D., menyampaikan Transparansi Keterbukaan Informasi Publik yang telah dijalankan oleh Universitas Padjadjaran anatara lain tentang Promosi/Usulan Guru Besar, Usulan Pangkat Golongan Tenaga Bagi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, termasuk upaya bertahap Tenaga Kependidikan diusulkan menjadi Tenaga Fungsional dan informasi lainnya. Pada kesempatan ini juga disampaikan kepada peserta seminar termasuk mahasiswa Universitas Padjadjaran bahwa jangan segan-segan melaporkan apabila terjadi penyimpangan di tingkat fakultas maupun universitas kepada Kantor Komunikasi Publik/Humas Universitas Padjadjaran untuk klarifikasi maupun ditindaklanjuti apabila ada pelanggaran hukum. Tentunya laporan harus disertakan data yang lengkap dan bisa dipertanggungjawabkan. (Suwito)

Profil Mahasiswa

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change

May 20, 2019

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change
Annisa Aji Anggoro, mahasiswi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fikom, terpilih sebagai delegasi Universitas Padjadjaran, dalam

Profil Dosen

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”

June 5, 2019

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”
Ade Kadarisman, dosen program studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad telah merilis buku yang berjudul Komunikasi

Profil Alumni

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya

April 20, 2019

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya
Muhammad Nur Hakim, Lahir di Palembang, 14 oktober 1993, Mas Hakim merupakan Alumni program studi hubungan masyarakat