Seminar Menuju 60 Tahun Konferensi Asia Afrika

 

KAA-1JATINANGOR– Dalam rangka mempersiapkan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA), Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemeninfo RI bekerjasama dengan Program Studi Jurnalistik Fikom Unpad menyelenggarakan Seminar “Reaktualisasi Spirit Konferensi Asia Afrika”. Seminar ini berlangsung di ruang auditorium Gedung Pasca Sarjana Fikom Unpad, Kamis (12/3).

 
Seminar diawali dengan sambutan Dekan Fikom Unpad Prof. H. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D. menghadirkan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Drs. Freddy H. Tulung, MUA dan Pemred Harian Umum Pikiran Rakyat, Islaminur Pempasa, M.Si.

 

KAA-2Seminar dimoderatori oleh Koord Prodi Jurusan Jurnalistik, Dr. Dadang Rahmat Hidayat. Peserta diajak kembali mengingat sejarah dari Konferensi Asia Afrika (KAA) yang dilaksanakan pada tahun 1955 di Bandung. KAA tidak terlepas dari Dasasila Bandung yang menjadi salah satu poin dari seminar ini. “Perlunya relevansi Dasasila Bandung terhadap negara-negara berkembang”, ujar Freddy.

 

Tema sentral dari peringatan ke-60 tahun KAA 2015 yang akan berlangsung dari 19 s.d. 27 April ini adalah Advancing South South Cooperation. Menurut Freddy ada 3 bentuk dokumen yang akan dihasilkan dalam peringatan ini yaitu Bandung Message, Declaration of Reinvigarating the New Asian-African Strategic Partnership, dan Declaration on Palestine.

 
KAA-3Berbeda dengan Freddy, Islaminur membahas persiapan Konferensi Asia Afrika dari kacamata media dan informasi. KAA dihubungkan dengan kemerdekaan informasi. “Media mempunyai peran dalam pembentukan kemerdekaan bangsa Indonesia,” tutur Islaminur.

 
Diakhir seminar Freddy mengungkapkan, peringatan Konferensi Asia Afrika merupakan agenda mereview dan mendorong kerjasama yang konkrit negara berkembang. Sedangkan Islaminur berharap bahwa peringatan KAA dapat mengembalikan kembali peran Indonesia khususnya di pasar industri kreatif yang terus maju dan aktif.

 

Acara seminar ini diliput dan disiarkan secara langsung (live) oleh Bandung TV. Selain acara ini, Bandung TV juga melakukan siaran live pada  acara talkshow Hari Pers Nasional  yang menampilkan ketua Dewan Pers Prof.Dr.Bagir Manan beberapa waktu lalu di tempat yang sama. (Arini Eka Putri)