Seminar Nasional Komunikasi Dakwah Sempurnakan Milad BKI

 

JATINANGOR – Biro Kerohanian Islam Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (BKI Fikom Unpad) menggelar Seminar Nasional bertajuk “Dakwah Islam Dalam Perspektif Media” dalam rangka milad yang ke-23. Kegiatan tersebut diadakan pada Rabu (30/11/2016), bertempat di Aula Mustopo Fikom Unpad. Seminar Nasional ini menghadirkan sejumlah pembicara diantaranya penulis buku Api Sejarah Prof. Ahmad Mansur Suryanegara, Akademisi Komunikasi Dakwah UIN SGD Bandung Fahrurroji, dan Dosen Jurnalistik Fikom Unpad Maimon Herawati.

Dalam seminar yang diikuti ratusan peserta ini masing-masing pembicara memberikan perspektifnya terkait dakwah islam dalam perspektif media. Prof. Mansyur memberi pandangan bahwa sejarah dakwah di Indonesia sangat mempengaruhi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia juga menekankan betapa pentingnya rasa bangga terhadap NKRI, “Kita harus bangga terhadap negara kita, coba lihat luas negara kita yang jauh lebih besar ketimbang negara eropa seperti Inggris, Prancis, dan Portugis. Kita harus bangga” ungkap Prof. Mansyur.

img_20161130_135322

Sementara itu, Fahrurroji yang hadir menggantikan pembicara utama Guru Besar Ilmu Komunikasi UIN SGD Bandung Prof. Asep Muhtadi yang berhalangan hadir menyampaikan sisi keilmuan dari komunikasi dakwah. Ia mengungkapkan komunikasi dakwah merupakan hal yang penting di era media saat ini, ia juga mengulas kemunculan pendakwah yang sering menghiasi layar kaca seperti Ustadz Maulana. Ia juga mengungkapkan enam prinsip dasar dalam komunikasi dakwah, “ada enam prinsip yang harus diperhatikan dalam komunikasi dakwah yaitu Qoulan Baligha, Qoulan Karima, Qoulan Maysura, Qoulan Ma’rufa, Qoulan Layyina, dan Qoulan Sadida” jelasnya.

Pembicara terakhir, Maimon Herawati memberi keterangan terkait dinamika media dan kaitannya kondisi umat islam. Ia mengisahkan bahwa umat islam kerap dirugikan karena menjadi objek pemberitaan sehingga sudah seharusnya umat islam sadar dengan potensi media. “Negara barat bisa mendominasi dunia karena mereka bisa menyadari potensi media dan bisa memanfaatkannya” tegas dosen Jurnalistik ini.

Seminar komunikasi dakwah ini merupakan seminar perdana dalam sejarah peringatan hari jadi (milad) BKI. Selain seminar, di milad ke-23 ini BKI juga menyelenggarakan lomba desain poster dakwah, gerakan berani tilawah, dan pelatihan olahraga memanah. Hal ini merupakan suatu inovasi baru yang dihadirkan oleh BKI, ketua pelaksana milad BKI Choirun Nisa berharap di usia yang ke-23 tahun ini BKI bisa menjadi lebih baik lagi. “semoga kedepannya DKM BKI lebih dewasa dan lebih baik membuat acara semacam ini” ujar Nisa.
Acara seminar komunikasi dakwah ini sekaligus menyempurnakan rangkaian milad BKI ke-23. Di akhir seminar diadakan pembagian hadiah kepada pemenang lomba poster dakwah yang diselenggarakan oleh BKI. (Mohammad Fariansyah)

Profil Mahasiswa

Dewi Permata Sari, Omset Bisnisnya Ratusan Juta Rupiah per Bulan

January 6, 2017

Dewi Permata Sari, Omset Bisnisnya Ratusan Juta Rupiah per Bulan
“SEKECIL apapun usaha, setidaknya kita menjadi bos dari usaha tersebut daripada terjun dalam usaha yang besar, namun kita

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu