Sidang Terbuka Senat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran dalam Rangka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2018/2019

 

JATINANGOR – Lapangan Futsal kampus Fikom Unpad diramaikan ratusan mahasiswa baru dari seluruh program studi pada Hari Kamis (30/8/2018). Kehadiran mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 tersebut, disambut secara resmi dengan prosesi sidang terbuka senat fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran yang dihadiri oleh seluruh tenaga pengejar dan anggota senat Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad. Kegiatan ini  adalah awal dari rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru (PMB) di lingkungan Fikom Unpad yang akan berlangsung selama empat hari, di mana kegiatan tersebut akan berakhir pada hari Minggu (2/9/2018).

Acara dibukan dengan pidato laporan dari Wakil Dekan Fakultas, Dr. Dadang Sugiana, M.Si., yang dalam pidatonya menyampaikan sejumla data detail terkait penerimaan mahasiswa baru pada tahun akademik 2018/2019. Menurut keterangan Dadang Sugiana, Fikom Unpad memanggil atau menerima calon mahasiswa baru untuk Jenjang Sarjana (Sarjana Akademik dan Sarjana Terapan/D4) sebanyak 940 orang. Jumlah calon mahasiswa baru 2018 yang diterima tersebut merupakan hasil seleksi yang sangat ketat dari 25.440 orang peminat ke Fikom Unpad, baik yang mendaftar melalui Jalur SNMPTN maupun Jalur SBMPTN. Perlu diketahui, bahwa jumlah peminat ke Fikom Unpad dan jumlah yang diterima sebanyak itu terdistribusi kedalam 7 (tujuh) Program Studi Jenjang Sarjana yang ada di Fikom Unpad.

Secara lebih rinci dapat dilaporkan bahwa peminat ke Program Studi Ilmu Komunikasi sebanyak 8.457 orang dan diterima 143 orang; Program Studi Ilmu Komunikasi PSDKU Pangandaran sebanyak 237 orang peminat dan diterima 37 orang; Program Studi Ilmu Perpustakaan diminati oleh 2.498 orang dan diterima 133 orang; Program Studi Hubungan Masyarakat diminati oleh 2.714 orang dan diterima 115 orang; Program Studi Jurnalistik diminati 2.371 orang dan diterima 85 orang; Program Studi Manajemen Komunikasi diminati 2.754 orang dan diterima 102 orang; Program Studi Televisi dan Film diminati 4.016 orang dan diterima 92 orang; dan Program Studi Manajemen Produksi Media diminati 2.373 orang dan diterima 233 orang. Sementara itu, untuk Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (S2) dan Program Studi Doktor Ilmu Komunikasi (S3) masing-masing diterima 54 orang dan 43 orang. Oleh karena itu, jika dihitung secara keseluruhan mulai dari Jenjang Sarjana/Sarjana Terapan, Magister, dan Doktor maka tahun ini Fikom Unpad menerima atau memanggil sebanyak 1.037 orang calon mahasiswa baru. Namun demikian, dari jumlah tersebut yang telah melakukan daftar ulang (registrasi) “hanya” 905 orang (87%).

Selesai pidato laporan dari Dadang Sugiana, mahasiswa baru disambut langsung oleh pidato penerimaan Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si. Dalam pidato sambutannya, Dadang Rahmat memberikan motivasi kepada mahasiswa baru dengan mengenalkan sejumlah pencapaian yang diperoleh oleh institusi melalui sejumlah kegiatan akademik, juga prestasi para mahasiswa Fikom Unpad yang terlebih dahulu menjadi mahasiswa senior bagi para mahasiswa baru. Selain itu, Dadang Rahmat juga mengenalkan satu per satu dosen Fikom Unpad yang hadir dalam acara sidang terbuka senat fakultas Ilmu Komunikasi Unpad.

Prestasi para mahasiswa disampaikan kembali oleh Dadang Sugiana selaku Wakil Dekan Fikom Unpad, beberapa yang disampaikan, antara lain terdiri dari beberapa prestasi akademik dan non akademik. Prestasi akademik yang paling menonjol adalah milik Regita Anggia dari Prodi Ilkom 2015 yang memiliki IPK sempurna, 4,0 dari 135 SKS perkuliahan yang telah diambilnya. Prestasi mahasiswa lainnya adalah prestasi di bidang non-akademik, di antaranya adalah prestasi non-akademik di bidang olah raga. Para mahasiswa berprestasi yang hadir, misalnya adalah, Muhammad Farhan Suherman dari Prodi humas 2017 yang merupakan atlet kempo Jabar, dengan sejumlah prestasi di ajang Pekan Olah Raga Mahasiswa Nasional (POMNAS) dan PORDA. Juga hadir Timotius Mulyadi dari Prodi Ilkom 2017 yang merupakan atlet renang nasional dengan sejumlah prestasi di cabor renang. Selain itu, hadir pula sejumlah mahasiswa dengan prestasi dalam berbagai lomba-lomba di bidang komunikasi. Pencapaian mahasiswa Fikom Unpad di antaranya adalah, meraih juara dalam beberapa kategori di Pekom UI, Jambore Komunikasi UNJ, Epicentrum Fikom Unpad, Communication in Action Unibraw, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kegiatan ditutup dengan penerimaan mahasiswa baru secara seremonial dengan menyematkan kartu tanda peserta PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) oleh perwakilan Senat Fakultas. Selain dapat menjalani kegiatan perkuliahan dengan baik, Dadang Rahmat dan Dadang Sugiana juga sangat berharap bahwa mahasiswa baru Fikom Unpad tahun akademik 2018/2019 dapat menorehkan prestasi yang sama baiknya dengan pencapaian para kakak-kakak kelasnya.

Selamat datang mahasiswa baru Fikom Unpad di kampus berprestasi!

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu