SMAN 14 Bekasi Kunjungi Fikom Unpad

 

Kunjungan SMAN 14 Bekasi

JATINANGOR – Sebanyak 50 siswa kelas XI IPS didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah dan 2 orang guru SMAN 14 Bekasi mengunjungi Fikom Unpad, Kamis (17/03). Kedatangan mereka disambut oleh Kepala Humas Fikom Unpad, Syauqi Lukman, di Aula Moestopo Gedung 4, Kampus Fikom Unpad Jatinangor.

 
Wakil Kepala Sekolah SMAN 14 Bekasi menyampaikan maksud kedatangan mereka adalah untuk mengenal Fikom Unpad serta sebagai sarana mempersiapkan anak-anak muridnya untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Kunjungan seperti ini diharapkan dapat memotivasi anak-anak murid untuk meraih mimpinya berkuliah di Fikom Unpad.

 
Rombongan SMAN 14 Bekasi menerima informasi yang cukup lengkap mengenai Universitas Padjadjaran dan Fakultas Ilmu Komunikasi melalui video profil yang diputarkan. Syauqi menyampaikan bahwa Fikom Unpad merupakan fakultas favorit di Unpad di samping Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ekonomi.

 
Tak ketinggalan pula, Syauqi memaparkan jalur masuk untuk berkuliah di Fikom Unpad. Program sarjana (S1) dapat melalui SNMPTN (bidik misi dan undangan) dan SBMPTN. Sedangkan program diploma dan pascasarjana dapat melalui seleksi mandiri.

 
Pemaparan tentang Unpad dan Fikom Unpad ternyata mengundang antusiasme murid-murid yang hadir. Hal ini terbukti dari pertanyaan-pertanyaan yang mereka lontarkan. Salah satu pertanyaan berasal dari Noval, “Program D3/S1 di Fikom Unpad ini sudah bekerjasama dengan perusahaan apa saja sehingga mahasiswa yang sudah lulus dapat langsung bekerja?”

 
Pertanyaan ini dijawab oleh Syauqi Lukman yang menyinggung soal kualitas lulusan Fikom Unpad. “Tidak ada kerja sama dengan perusahaan, namun semua mahasiswa D3/S1 harus mengambil mata kuliah job training, bebannya 2 SKS, yang diharapkan dapat membuka networking dengan perusahaan. Menurut Tracer Study Unpad, lulusan Fikom Unpad rata-rata memiliki masa tunggu 3 bulan untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus.”

 
Di akhir sesi kunjungan kali ini, rombongan SMAN 14 Bekasi pun mendengarkan cerita 4 mahasiswa dari program studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad tentang pengalaman mereka selama berkuliah. (Margaretha Sinaga)