SPLASH, Ruang Refreshing bagi Siswa SMA

 

SPLASH 01

BANDUNG – Berdasarkan hasil riset yang dikeluarkan jurnal ilmiah Universitas Padjadjaran, sebanyak 30,05% pelajar tergolong memiliki tungkat stress yang berat. Wajar saja, boleh jadi karena pressure dalam menghadapi ujian Nasional (UN). Belum lagi ditambah persiapan masuk perguruan tinggi. Untuk itu, siswa SMA membutuhkan sesuatu yang refreshing namun tetap edukatif, dan SPLASH hadir sebagai jawabannya. “SPLASH adalah suatu acara yang cocok untuk melepas penat siswa-siswi SMA yang dikemas dengan games-games seru serta penampilan bintang tamu yang menarik” ujar Dhanny Ihsan selaku ketua pelaksana event. SPLASH ini adalah event yang diinisiasi oleh mahasiswa Humas D 2013 Fikom Unpad dan telah dilaksanakan hari Sabtu, 7 Mei 2016 di Festival Citilink, Bandung.

Sebagai pra-event, ada OOTD (Outfit of The Day) Competition dengan tema “Future Look” yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA. Sebagai bentuk sounding kepada para siswa/siswi SMA, diadakan pula roadshow ke beberapa sekolah di Bandung Selatan. Sekolah-sekolah yang didatangi diantaranya adalah SMAN 8, SMAN 7, SMAN 18, SMAN 17 dan SMAN 22. Di roadshow tersebut konten yang disajikan berupa pengenalan mengenai prodi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad kepada para siswa/i, games ringan, stand-up comedy performance serta penampilan musik akustik dari Maroon Music.

IMG_6007

Setelah beberapa rangkaian roadshow dan OOTD Competition dilalui, akhirnya main event SPLASH digelar Sabtu, 07 Mei 2016 kemarin di Festival Citilink dari pukul 10.00 s/d 17.40 WIB. Event yang mengusung tema fun games ini akan diikuti oleh delapan tim yang datang dari enam SMA di Bandung Selatan. Adapun tim yang berpartisipasi dalam lomba berasal dari SMA 18, SMA 22, SMA 17, SMA Pasundan 9, SMA Pelita Bangsa dan SMA Nusantara.

Kedelapan tim tersebut berlomba dalam Splash Race untuk memperebutkan total hadiah senial delapan juta untuk tiga tim terbaik. Ada lima tahapan games yang harus dilalui oleh para peserta, yaitu: speed quiz, tongue twisters, speed eating relay, leg spreading team, draw down the lane dan the final. Selain game Splash Race, ada juga music performance dari Hookey Hook, Juicy Luicy, dan Panorama. Mahesa Band dari SMA 2, dan Maroon Music dari Humas Fikom Unpad juga turut meramaikan acara. Hadir pula food and fashion bazzar yang semakin menambah daya tarik dari acara ini. Yang tidak kalah menarik, SPLASH menghadirkan ruang edukasi yang disebut PR Corner dan bisa dikunjungi oleh siapapun.

PR Corner ini menyediakan banyak informasi yang berkaitan dengan dunia public relations. Dengan konsep yang cozy, ruang edukasi ini juga menyediakan charging corner, tempat rehat, dan informasi tentang Public Relations yang disampaikan secara audio-visual. Setelah ke delapan tim menyelesaikan seluruh rangkaian games akhirnya terpilihlah tiga tim terbaik. Juara pertama diraih oleh SMAN 22, disusul oleh SMA Pelita Bangsa dan terakhir SMAN 17 di peringkat ke tiga. Selain pemenang rangkaian games tersebut, diumumkan juga pemenang dari Outfit of The Day Competition. Dari total 18 orang peserta yang mengikuti instagram competition tersebut, terpilihlah Rita Paramitha dari SMAN 18 sebagai pemenang utama dan Yustika Talenta dari SMA Pelita sebagai pemenang favorit Humas D Fikom Unpad 2013 selaku panitia penyelenggara acara, berharap bahwa event ini bisa menjadi ruang refreshing bagi siswa SMA dan menjadi media edukasi tentang dunia public relations. (Adelina Kompriana/SL)

IMG_6112