Sunda.Is.Me, Upaya Melestarikan Seni Budaya Sunda.

 
Salah Satu Penampilan di Sunda.is.me. (Foto Ichwan)

Salah Satu Penampilan di Sunda.is.me. (Foto Ichwan)

JATINANGOR – Mahasiswa Humas D angkatan 2011 Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad baru-baru ini menghadirkan kembali seni dan budaya Sunda melalui event yang bertajuk Sunda.Is.Me dengan tagline “Sunda is Us, Sunda is You, Sunda is Me” di Lapangan eks-Kopma Unpad Jatinangor. Acara ini ditujukan untuk memotivasi masyarakat Bandung dan sekitarnya untuk terus melestarikan budaya Sunda.
Acara dimulai dengan ritual Seren Taun, upacara bagi para petani di Jatinangor untuk mensyukuri hasil panennya, Upacara dibuka dengan penampilan sejumlah mahasiswa Humas D 2011 Fikom Unpad bekerja sama dengan mahasiswa Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung. Sejumlah mahasiswa memegang kohkol (kentongan) dan hasil tani diringi musik oleh kelompok PUNK_CUT, menari ritual dengan suka cita dalam upacara Seren Taun, selanjutnya diikuti dengan Tatangga Randa, orang berkostum cepot menggunakan engrang tinggi menampilkan keterampilan mereka dan diikuti Tarian Kreasi Mojang Priangan. Mereka bersama-sama lalu mengelilingi kampus Unpad untuk memperkenalkan kembali budaya yang hampir musnah tersebut.

 

Tatangga Randa. (Foto Ichwan)

Tatangga Randa. (Foto Ichwan)

Acara dipandu host Kodrat, penyiar Urban Radio Bandung yang berkolaborasi dengan Iyey dari STSI. Acara pun berlangsung amat meriah. Tampil pula dalam acara ini Pancasura yang makin meningkatkan atmosfer kemeriahan acara Sunda.is.me. ini. Sejumlah penonton turut mengikuti alunan musik yang disuguhkan oleh Pacasura yang membawakan beberapa lagu Sunda.
Sebelum acara berakhir, panitia memberikan plakat kepada pihal-pihak yang telah membantu terselenggaranya acara Sunda.is.me, diantaranya kepada Lilis Puspitasari S.Sos,MSi sebagai Dosen Mata Kuliah PR Event, Pihak i-Radio sebagai offical Media Partner, Himaka STSI, dan UKM Palawa Unpad. Plakat diberikan oleh ketua Sunda.is.me Riski Alyndra Putra. Acara ini ditutup dengan meriah oleh penampilan Guess Star utama, yakni Saratuspersen.

 

Penampil Lain di Sunda.is.me. (foto Ichwan).

Penampil Lain di Sunda.is.me. (foto Ichwan).

Kegiatan Sunda.is.me ini adalah kegiatan mata kuliah PR Event asuhan Lilis Puspitasari S.Sos,MSi dan Renata Anisa S.Sos,MSi. (Ichwan Nur Iskandar)