Tak Disangka Fikom Bisa Bergengsi Seperti Sekarang Ini.

 

Husen-Nawawi-1JATINANGOR – Drs.Husen Nawawi MSi, dosen senior Prodi Manajemen Komunikasi Fikom Unpad mengenang saat-saat pertama kuliah di Fikom yang dulu bernama Fakultas Publisistik. Menurutnya, dulu fakultas ini lumayan “melarat”. Namun tak disangka Fikom yang dulu seringkali dilecehkan orang itu sekarang bisa menjadi fakultas yang amat bergengsi dan disegani.

 
Pernyataan itu diungkapkan Husen ketika memberikan sambutan dalam acara penglepasan dosen purnabakti dan acara tausiah bulanan, Selasa (9/12) di ruang Oemi Abdurachman kampus Fikom Unpad Jatinangor. Husen Nawawi memang sudah memasuki masa pensiun setelah selama 38 tahun mengabdi di fakultas ini.

 
Fakultas ini, ungkap Husen termasuk fakultas yang melarat. Saat dia kuliah di tahun 1969, hanya memiliki satu ruangan kelas. Karena rebutan kelas, pernah juga perkuliahan diselenggarakan di SMA Negeri 2 Bandung di sore hari.

 
Mahasiswa Fakultas Publisistik pun seringkali disepelekan. Dilihat dengan sebelah mata sehingga banyak mahasiswa Publisistik yang merasa minder kalau memperkenalkan diri sebagai mahasiswa Publisistik. “Kalau punya pacar dari fakultas lain, dan orangtuanya tahu kita orang Publisistik bisa-bisa langsung mengeluarkan anjing herder-nya. Tapi kalau yang bertamu itu mahasiswa fakultas kedokteran, langsung ditawari nasi goreng” ujar Husen berseloroh.

 
Kondisi tersebut sekarang berbalik seratus delapan puluh derajat. ”Fikom Unpad sekarang sudah menjadi fakultas yang besar dan disegani bahkan menjadi fakultas favorit di Unpad” ujar Husen.

 
Sekarang mahasiswa Fikom begitu bangganya memperkenalkan diri kepada siapa pun bahwa dia sebagai mahasiswa Fikom. Orang berebut untuk bisa masuk ke Fikom, dan persaingan untuk masuk ke fakultas ini pun sangat ketat.(AA)