Talkshow Politik, Efektif Mempengaruhi Warga Korea Selatan

 
Talkshow Politik, Efektif Mempengaruhi Warga Korea Selatan

Talkshow Politik, Efektif Mempengaruhi Warga Korea Selatan

BANDUNG – Informasi politik yang dikemas secara menghibur dapat membantu menambah melek politik warga Korea Selatan. Dengan kemasan entertainment,khalayak di Korea Selatan bukan saja tertarik dengan masalah politik tetapi juga masalah publik lainnya. Hiburan politik di media massa pun mampu meningkatkan perilaku politis terkait warganya karena pengetahuan mereka bertambah.

Pakar Komunikasi Politik Eun Kyo Jung dari Universitas Sung Kyun Kwan, Korea Selatan mengungkapkan hal itu dalam seminar internasional Beyond Asia: Communicating Asian Culture To The World10th Biennial Convention Of The Pacific And Asian Communication Association PACA 2014, yang diselenggarakan Fikom Unpad, 24-26 Juni, di Kampus Unpad Bandung.

Menurut Eun Kyo Jung yang melakukan penelitian terhadap media di Korea, di negaranya masih banyak orang Korea Selatan yang lalai atau tidak peduli dengan masalah politik. Anak muda Korea lebih suka siaran atau informasi hiburan yang saat ini berkembang pesat di sana. Karena itu, para praktisi mencoba mengemas informasi politik dengan menghibur, dan ternyata peminatnya cukup besar.

Hasil penelitiannya menunjukan bahwa individu-individu yang selama ini melalaikan politik dan hanya menggunakan media untuk nilai hiburan menjadi tertarik dengan politik menghibur ini. Terpaan media politik menghibur ini ternyata tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan antara preferensi hiburan dan preferensi informasi.

Ternyata, lanjut Jung, orang yang mengonsumsi politik entertainment berupa talk show, memiliki tingkat statistik signifikan lebih tinggi perhatiannya terhadap urusan publik, pengetahuan politik, dan niat partisipasi politik, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi acara ini.

Tags: