Tepat pada Reuni Akbar, Alumni Jurnalistik Fikom Unpad ‘Mudik’ ke Kampus

 
Jurnalistik Mudik-1

Lauatan Biru (Foto Dina Gurning)

JATINANGOR – Dalam rangka merayakan dies natalis Fikom Unpad ke-55, alumni Jurusan Ilmu Jurnalistik Fikom Unpad menggelar acara bertajuk ‘Jurnalistik Mudik’ pada Sabtu (19/9) lalu. Mereka mengadakan acara setelah acara resmi Reuni Akbar Fikom Unpad berakhir pada pukul 12.00. Ratusan alumni Jurusan Jurnalistik Fikom Unpad hadir di kampus Jatinangor.

 
Dengan menggunakan pakaian bernuansa biru, para alumni dari angkatan 1970-an hingga mahasiswa yang masih menjalani kuliah memenuhi selasar gedung 1 Kampus Fikom Unpad Jatinangor. Penampilan musik hingga games yang mengakrabkan pun memeriahkan acara tersebut.

Jurnalistik-Mudik-2-edfit

Jurnalistik angkatan 1979 (Foto Dahen)

Di tempat yang terpisah, yaitu di Ruang Oemi Abdurrachman digelar juga sesi sharing mahasiswa dengan para alumni. Pada sesi tersebut, hadir delapan orang pembicara, yaitu Wisnu Dewabrata angkatan 1994 (jurnalis Harian Umum Kompas), Teguh Wicaksono angkatan 2005 (partnership manajer Twitter), Argarini Devi angkatan 1991 (editor majalah Femina) dan Wendiyanto Saputro angkatan 1993 (direktur pemberitaan CNN Indonesia).

 

 

Selain itu, hadir juga Yuyuk Andriyati angkatan 1991 (Kepala Humas KPK), Ria Hilmiati. Dradjat angkatan 1977 (Promotor Artis dari RHD Production), Ismail Fahmi angkatan 2000 (PDLN Kementerian Luar Negeri RI), dan Wahyu Aji angkatan 2000 (CEO Good News From Indonesia/GNFI).

Jurnalistik-Mudik-3

Ceria (Foto Refa SA)

 

Hagi Hagomoro angkatan 1990, salah satu panitia acara tersebut, mengaku menghabiskan tiga minggu untuk mempersiapkan acara tersebut. Ia juga mengatakan, reuni ini tercetus bersama dengan rencana pembentukan ikatan alumni jurnalistik Fikom Unpad.

 

Bersama Dosen, Sahala Tua Saragih (Foto Fitria MS)

Bersama Dosen, Sahala Tua Saragih (Foto Fitria MS)

“Waktu itu diajak meeting untuk bahas ikatan alumni, tapi karena perjalanan masih panjang, kita bikin gathering antarangkatan saja. Pake titel ‘Jurnalistik Mudik’ yang maksudnya alumni pulang kampung ke kampus,” papar Hagi.

 
Lebih jauh lagi, Hagi berharap reuni seperti ini bisa dilakukan secara berkala. “Pengen, lah.. Kayaknya seru juga. Mungkin yang pas (reuni diadakan lagi) tahun 2020. Jadi, lima tahun sekali. Ini pasti jadi agenda ikatan alumni selanjutnya,” pungkas Hagi. (Dina Gurning).