THE 2019 PCCS: “CONTRIBUTION OF COMMUNICATION SCIENCES IN NATIONAL DEVELOPMENT”

 

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menggelar The 2019 Padjadjaran Communication Cenference Series dengan tema “Contribution of Communication Sciences in National Development” pada Selasa, 6 Agustus 2019 di Auditorium Pascasarjana, Kampus Fikom Unpad Jatinangor. Konferensi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan workshop penulisan artikel ilmiah hasil riset dosen Fikom Unpad dengan topik yang berkaitan dengan komunikasi pembangunan. Konferensi ini dibuka oleh sambutan dari Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si., Dekan Fikom Unpad dan Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S. Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad.

Acara diskusi panel dipandu oleh Ketua Program Studi Magister Fikom Unpad Dr. Hj. Jenny Ratna Suminah, M.Si. Hadir sebagai pembicara pertama Dr. Dadang Sugiana, M.SI., Wakil Dekan Fikom Unpad, memaparkan kajiannya mengenai paradigma baru dalam komunikasi pembangunan. Selanjutnya, tema perencanaan komunikasi pembangunan dan implementasinya oleh para stakeholder disampaikan oleh Dewi Sri Sotijaningsih, SE., M.Si., Direktorat Politik dan Komunikasi Bappenas RI. Kemudian, kajian-kajian riset mengenai komunikasi pembangunan dipaparkan oleh Dr. Atwar Bajari, M.Si. yang merupakan Ketua Program Studi S3 Fikom Unpad. Sesi pemaparan materi ditutup dengan topik mengenai hubungan komunikasi pembangunan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) diberikan oleh Dr. Ir. Joko Siswanto, MPA., Dosen Kelompok Keahlian Manajemen Industri dari Institut Teknologi Bandung.

Pada PCCS 2019, hadir pula Gubernur Jawa Barat, H. M. Ridwan Kamil sebagai keynote speaker. Gubernur yang akrab disapa “Kang Emil” ini memaparkan beberapa hal di antaranya revolusi dalam pemerintahan, perkembangan teknologi, serta inovasi-inovasi yang dilakukan pemerintah Jawa Barat.

Topik komunikasi pembangunan sengaja dipilih panitia PCCS 2019 karena topik ini dirasa kurang populer di kalangan akademisi. Namun pada kenyataannya untuk keberhasilan pembangunan Indonesia, komunikasi memiliki peran penting. Komunikasi mampu mengajak masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan sekaligus turut berpartisipasi dalam pembangunan. Oleh karena itu, ketua pelaksana The 2019 Padjadjaran Communication  Conference Series, Dr. Ira Mirawati, M.Si., melalui acara ini ingin kembali meningkatkan kajian-kajian dengan tema komunikasi pembangunan. “Siapa yang akan membuat kajian komunikasi pembangunan itu kembali dianggap penting kalau bukan kita para praktisi dan akademisi komunikasi terutama dari Fikom Unpad?”, ujarnya.

Hasil diskusi dan kolaborasi antara akademisi, praktisi dan pemerintah pada konferensi ini, diharapkan mampu membangun masyarakat yang dewasa dalam berkomunikasi, untuk pembangunan Indonesia yang lebih maju.

Laporan oleh: Nabila, Tasya dan Kinanti

Tags: , , ,

Profil Mahasiswa

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change

May 20, 2019

Annisa Aji Anggoro dan Visinya menjadi Agent of Change
Annisa Aji Anggoro, mahasiswi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fikom, terpilih sebagai delegasi Universitas Padjadjaran, dalam

Profil Dosen

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”

June 5, 2019

ADE KADARISMAN, “KOMUNIKASI SEBAGAI JEMBATAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN”
Ade Kadarisman, dosen program studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad telah merilis buku yang berjudul Komunikasi

Profil Alumni

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya

April 20, 2019

Cerita Inspiratif Muhammad Nur Hakim (Senior Business Partnership Tokopedia) dan Dosen Fikom Favoritnya
Muhammad Nur Hakim, Lahir di Palembang, 14 oktober 1993, Mas Hakim merupakan Alumni program studi hubungan masyarakat