The Epicentrum, Padjadjaran Communication Festival 2016

 

epicentrum-002

JATINANGOR – Fikom Unpad menyelenggarakan The Epicentrum, Padjadjaran Communication Festival 2016. Acara yang terdiri dari berbagai lomba dan seminar di berbagai bidang komunikasi ini dibuka pada  Senin (21/11) Dekan Fikom Unpad di Auditorium Pasca Sarjana Fikom Unpad.  Upacara pembukaan ini dihadiri oleh para wakil dekan, kaprodi,  dosen, perwakilan lembaga kemahasiswaan dan para peserta The Epicentrum diikuti oleh 16 kampus  dari seluruh Indonesia.

Ketua pelaksana The Epicentrum, Nathania Sarah, dalam sambutannya mengatakan, ada tujuh cabang lomba yang diselenggarakan oleh lima himpunan mahasiswa yang ada di Fikom dengan peserta yang berasal dari 16 perguruan tinggi yang berbeda-beda dan dua SMA. Lomba-lomba yang diselenggarakan adalah Public Relations Student Forum, OlymPRday, Research Mindedness, Mediamorfosis, Millennial’s Paper, Liblicius, dan  Ideation.

epicentrum-001

Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si, dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya terhadap kerja keras panitia dan harapannya untuk kegiatan The Epicentrum ini.

“Kegiatan ini harus jadi sarana insan muda dalam membahas komunikasi. Bisa jadi permasalahan-permasalahan yang terjadi di negara ini adalah permasalahan komunikasi, maka kita harus bisa mendiagnosisnya dan mencari cara untuk menyelesaikan masalah tersebut.” Ujar Dadang dalam sambutannya.

Setelah memberi sambutan, dilanjutkan dengan acara puncak dari upacara pembukaan The Epicentrum, yaitu pengenalan lomba-lomba oleh perwakilan lima himpunan Fikom dan pemukulan gong oleh dekan Fakultas Ilmu komunikasi. Kegiatan ini ditutup dengan menampilan tari jaipong mahasiswa Unpad.

Tentang The Epicentrum

The Epicentrum, Padjadjaran Communication Festival adalah festival komunikasi yang diadakan Fikom Unpad sebagai respon atas berbagai permasalahan Indonesia dengan mengangkat tema “The Super-Power of Communication“. Melalui serangkaian kompetisi, seminar, dan lokakarya (workshop), Epicentrum berperan sebagai wadah bagi para insan komunikasi. Epicentrum diharapkan dapat menjadi media bagi para aktor di bidang komunikasi untuk menerapkan aspek-aspek dalam ilmu komunikasi– terutama di bidang Hubungan Masyarakat, Jurnalisme, Manajemen Komunikasi, Ilmu Perpustakaan, dan Ilmu Komunikasi.

The Epicentrum ini kegiatan yang bersejarah karena merupakan yang pertama kalinya diadakan oleh keluarga besar Fikom Unpad menyambung acara Padjadaran PR Fair yang sekarang bergabung menjadi bagian kami untuk tahun kelimanya. Nathania Sarah selaku ketua umum The Epicentrum 2016 berharap, “Melalui tema yang kami angkat di tahun pertama ini, saya berharap banyak mahasiswa mengerti betul bahwa mereka memiliki battlefield yang menunggu untuk dimenangkan”. ujarnya

Tapi dalam case ini, lanjut Natalia, seluruh mahasiswa yang berkontribusi sudah dianggap sebagai pemenang karena semua yang ada disini bukanlah semata-mata sebagai kompetitor, melainkan sebagai rekan untuk bersama-sama menyumbangkan solusi untuk permasalahan Indonesia. Selain itu, diharapkan ke depannya rangkaian kegiatan ini mampu menjadi pusat bagi seluruh stakeholder ilmu komunikasi di Indonesia yang siap menggetarkan dunia komunikasi di kalangan mahasiswa maupun umum.

Rangkaian kegiatan The Epicentrum terdiri dari  lomba, seminar dan workshop. Adapun, lomba-lomba yang yang diselenggarakan adalah:

  • PublicRelations StudentForum
  • OlymPRday
  • Research Mindedness
  • Mediamorfosis
  • Millennial’s Paper
  • Liblicious
  • Ideation

Dengan mengikuti lomba-lomba tersebut, peserta bisa mendapatkan berbagai keuntungan, mulai dari uang tunai total USD 4800, kesempatan magang di tempat-tempat bergengsi, dan tentunya pengalaman berharga.

Rangkaian puncak acaranya diadakan pada 21-24 November 2016. Untuk mengikuti update seputar The Epicentrum, dapat ditemukan pada tautan laman http://epicentrumunpad.com/ dan info terbaru dapat diperoleh pada linimasa akun Line resmi “Epicentrum Unpad”. (Pinna Swastika/SL)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu