Dua Tim Dosen Fikom Unpad Raih Myung Seok Park Award

 
Gedung Sate, tempat penganugerahan Myung-Seok Park Award

Gedung Sate, tempat penganugerahan Myung Seok Park Award

BANDUNG – Peneliti dan akademisi dari Indonesia berhasil memperoleh 5 penghargaan internasional . Dari jumlah tersebut, 2 award diraih oleh tim dosen Fikom Unpad. Mereka menjadi bagian dari total 17 penerima penghargaan Myung Seok Park Award dalam kategori makalah terbaik dan presentasi terbaik dalam seminar internasional bertajuk “Beyond Asia: Communicating Asian Culture to the World. Mereka terpilih dari 223 makalah dari 14 negara Asia Pasifik yang diselenggarakanThe Pacific and Asian Communication Association (PACA) dengan Fikom Unpad, yang berlangsung pada 24 .s.d 26 Juni di Bandung.

Dua Tim Dosen Fikom Unpad tersebut adalah Tim Nuning Kurniasih dengan anggota Neneng Komariah dan Saleha Radiah (dosen Prodi Perpustakaan), dan Tim Nunik Maharani Hartoyo dan Rinda Aunilah Sirait (keduanya dari Departemen Jurnalistik). Nuning menyabet predikat Top Conference paper. sedangkan Nunik dan Rinda meraih Good Oral Presentation. Tim Nuning menulis makalah Designing Sundanese Cultural Literacy Programs based on National Curriculum for Students of Elementery School in Cileunyi Sub-district Bandung Regency Indonesia. Sedangkan Nunik Maharani dan Rinda Aunilah membawakan paper Politics, Young Voters and Sea of Change in 2014 Indonesian Legislative Election.

Penganugerahan hadiah tersebut berlangsung, Kamis malam (26/6) di Gedung Sate Bandung oleh Presiden PACA , Prof. Seon Gi Baek. Acara ini sekaligus menutup rangkaian acara seminar internasional yang dilakukan secara rutin oleh para akademisi ilmu komunikasi di negara Asia Pasifik.

Myung Seok Park adalah pendiri PACA asal Korea Selatan. Award ini diberikan kepada para peneliti terbaik dalam bidang komunikasi berdasarkan kompetisi dan seleksi ketat dengan mempertimbangkan topik yang dibahas, landasan konseptual, ketepatan dan keketatan metodologi, kedalaman analasis serta kontribusinya terhadap bidang ilmu komunikasi. Ketatnya proses seleksi menjadikan penghargaan Myung Seok Park Award ini bagi para ilmuwan komunikasi sebagai penghargaan yang prestisius dan memberikan pengakuan terhadap hasil kerja para peneliti dan akademisi komunikasi di level internasional.

Malam penganugerahan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Prof. Deddy Mulyana, MA, Ph.D .Dihadiri oleh lebih 170 penyaji dari 14 negara antara lain Indonesia, Korea, Malaysia, Amerika, Kanada, Rusia, Iran, China, Jordan, dan India.”Ajang ini merupakan seminar komunikasi terbesar yang menjadi ajang bertukar ide sekaligus tempat mendiskusikan hasil-hasil penelitian terkait komunikasi” tutur Prof Deddy Mulyana.

Berikut adalah nama-nama peraih penghargaan Myung Seok Park Kategori Top Conference paper: Nuning Kurniasih (Indonesia), Jaehee Cho dkk. (Korea), Hashim Fauzy Yaacob (Malaysia). Kategori Excellent Conference Paper: Rini Darmastuti & Dian Purworini (Indonesia), Janara & Eun Kyong Choi (Korea), Hon Yun Rong, dkk (Tiongkok), Ding Mai & Geng Yanting (Tiongkok). Kategori Good Conference Paper: Davood Mehrabi (Iran), Saeha Lee (Korea), Hamisah Hasan, dkk (Malaysia). Kategori Excellent Oral Presentation: Jenny Mochtar (Indonesia), Dwight R. Hartfield (Kanada), Bo Ram Jeon (Korea). Kategori Good Oral Presentation: Yoko Matsuda (Jepang), Roro Wulan (Indonesia), Dong Hun Kim (Korea), Nunik Maharani & Rinda Sirait (Indonesia). (NM Hartoyo)

Tags: , , , , , ,