Tiga Mahasiswa Fikom Unpad Ikuti Program Student Exchange di Malaysia

 

Malaysia-1-edit

SELANGOR, MALAYSIA – Dalam rangka implementasi kerjasama antara Fikom Unpad dengan Fakulti Bahasa Moden dan Komunikasi Universiti Putra Malaysia (UPM), Pada tahun akademik 2015/2016 ini Fikom Unpad mengirimkan tiga orang mahasiswa yang akan kuliah selama satu semester di Universiti Putra Malaysia. Program ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya dimana empat mahasiswa Universiti Putra Malaysia pada semester genap tahun akademik 2015/2016, juga berkuliah selama satu semester di Fikom Unpad.

 
Ketiga mahasiswa itu adalah Andini Putri Pamungkas, (Prodi Humas), Surya Laili Islami (Prodi Jurnalistik) dan Khairunnisa Zenfin (Prodi Humas). Ketiganya mahasiswa angkatan 2013. Ketiganya dikirim setelah melalui hasil saringan yang dilakukan oleh Tim Fikom Unpad.

 
Dr. Atwar Bajari sebagai Wakil Dekan I Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan selaku pimpinan rombongan dari Fikom Unpad dan didampingi oleh Kepala Pusat pengembangan Kreativitas dan Kegiatan Mahasiswa (P2K2M) , FX. Ari Agung Prastowo, S.Sos., M.Ikom. saat mengantar tiga mahasiswa tersebut, pekan lalu ke kampus UPM, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Timbalan Dekan Bidang Akademik dan Pelajar Prof. Madya Dr. Arba’ie Bin Sujud dan Timbalan Dekan Penyelidikan dan Inovasi Prof. Madya Dr. Jusang Bin Bolong.

 
Dalam sambutannya Prof. Madya Dr. Arba’ie Bin Sujud, menyatakan bentuk kerjasama antara Fakulti Bahasa Moden dan Komunikasi UPM dengan Fikom Unpad bukan hanya pertukaran mahasiswa tapi juga pertukaran dosen.

 
Menurut Dr. Atwar Bajari, M.Si., kerjasama pertukaran mahasiswa seperti ini diharapkan dapat dikembangkan dengan pertukaran dosen maupun, penelitian dan penyusunan buku bersama, hal ini memiliki dampak positif dalam penghitungan akreditasi fakultas.

 

Pengarahan oleh Pimpinan Fakulti Bahasa Moden dan Komunikasi. (Foto FXAAP)

Pengarahan oleh Pimpinan Fakulti Bahasa Moden dan Komunikasi. (Foto FXAAP)

Pembekalan
Sebelum bertolak ke Malaysia, sejak 14 Maret 2015, para mahasiswa mengikuti pembekalan yang dipimpin langsung oleh Kepala UPT Kerjasama Fikom Unpad, Maimon Herawati, S.Sos., M.Litt. selama satu bulan untuk mempersiapkan dan mempresentasikan rencana studi kegiatan di UPM. Mereka diterima sangat baik oleh sivitas akademika Fikom Unpad.

 
Mahasiswa Fikom Unpad diterima dengan baik oleh pihak UPM, selesai serah terima mahasiswa langsung dibimbing untuk mengisi daftar mata kuliah yang sesuai dengan peminatan, dan nantinya mata kuliah yang ditempuh di UPM akan dikonversi sepenuhnya di Fikom Unpad.

 
Khairunnisa, Andini dan Surya sangat antusias mengikuti program ini, meskipun ada beberapa persyaratan yang diminta oleh UPM diantaranya medical chek up, yang harus mereka lakukan di Rumah Sakit Universiti Putra Malaysia. Kepala P2K2M berpesan kepada ketiganya agar mampu membawa diri dengan baik, mampu mengikuti perkuliahan dengan aktif dan dapat mempelajari aktifitas kemahasiswaan di Fakulti Bahasa Moden dan Komunikasi Universiti Putra Malaysia. (FXAAP).