Tim Mahasiswa Fikom Unpad Raih Medali Emas Di Pimnas Kendari.

 

pimnas 2

KENDARI – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, tahun ini berhasil meraih medali emas dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional (Pimnas) ke-28 yang diselenggarakan Ditjen Dikti di Universitas Halu Oleo Kendari Sulawesi Tenggara. Tim Mahasiswa Fikom tampil dengan nama tim “Kennedy” dengan judul karya “Upaya Meningkatkan Kapasitas Usaha Kecil pada Produk Kelom Menjadi Tas Berciri Etnis di Indonesia” pada skema PKM Kewirausahaan (PKM-K). Pimnas ke-28 yang diikuti oleh seluruh perguruan ytinggi tyerkemuka seluruh Indonesia ini diselenggarakan pada 5-9 Oktober lalu.

 
Tim kennedy terdiri dari Mutia Rahmi (Prodi Ilmu Informasi dan Perpustakaan), Ria Kartika, Annisa Fadhilah (Manajemen Komunikasi) dan Renawati (Prodi Kesejahteraan Sosial) berhasil meraih medali emas mengalahkan universitas ternama lainnya di Indonesia yang biasanya selalui merajai Pimnas seperti Institut Teknologi 10 November, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Airlangga dan masih banyak lainnya.

 
Tim kennedy yang diketuai oleh Mutia Rahmi berhasil mencuri perhatian tiga dewan juri, meskipun mereka maju sebagai kelompok terakhir. Ilham Gemiharto, S.Sos, Msi (Dosen Fikom) sebagai pembimbing tim kennedy memberikan masukan dan bimbingannya selama kurang lebih delapan bulan, termasuk pada saat menjelang presentasi, berpesan jadilah kelompok penutup yang manis. Pada saat tanya jawab, dewan juri terkesan dengan karya mahasiswa fikom yang mampu melibatkan pengrajin lokal dari daerah Tasikmalaya untuk mengembangkan tas berciri etnis di Indonesia, bahkan setelah selesai presentasi dewan juri membeli produk dari Kennedy.

 
Kepala pusat kegiatan dan kreativitas mahasiswa (P2K2M) Fikom Unpad, FX Ary Prastowo S.Sos, M.Ikom, yang hadir pada acara Pimnas 28 sangat bangga akan prestasi yang diraih oleh mahasiswa Fikom. Ary menegaskan, Medali emas yang diraih oleh Mutia Rahmi dkk selain sebagai kebanggaan Fikom Unpad juga merupakan tantangan bagi Fikom Unpad untuk mempertahankan atau meningkatkan prestasi dalam Pimnas di masa yang akan datang. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya secara sistematis dan terstruktur dan adanya sinergitas antara dosen dan mahasiswa. (FXAP)