TIM PKM DIIP Fikom Unpad Serahkan 1.650 Buku Sumbangan Maba ke Garut Selatan.

 
Penyerahan Sumbangan Buku oleh Asep SR. (foto Samson).

Penyerahan Sumbangan Buku oleh Asep SR. (foto Samson).

GARUT – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dari Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan (DIIP) Fikom Unpad, yang dipimpin Dra Wina Erwina MA, Kamis (25/12) menyerahkan 1.650 eksemplar buku untuk “Komunitas Ngejah” di Desa Surapati Kec. Singajaya Kabupaten Garut dalam rangka Program Hibah Buku Unpad 2014. Bantuan buku yang berasal dari sumbangan mahasiswa baru angkatan 2014 ini diserahkan anggota tim, Asep Saepul Rohman S.Sos,M.Ikom dan diterima langsung oleh ketua Komunitas Ngejah,Nero didampingi para relawan TMB dari Tatar Priangan Kidul Kab. Tasikmalaya dan Kab. Garut Selatan.

 
Lokasi desa Surapati Kec.Singajaya ini amat terpencil dan terisolasi karena jalan melalui jalur Kab. Garut rusak parah. Karena itu, meskipun jarak tempuh lebih jauh dan medan yang cukup berat tim terpaksa lewat Kec. Taraju Kab. Tasikmalaya.

 
PKM Hibah Buku Unpad 2014 Berbagi buku berbagi ilmu, menurut Asep Saepul Rohman, didiseminasikan ke seluruh Jawa Barat melalui perpustakaan desa, perpustakaan sekolah, taman bacaan masyaakat, serta pusat kegiatan belajar masyarakat. Tim ini bermitra juga dengan Taman Bacaan Masyarakat Sudut Baca Soreang pimpinan Agus Munawar.
Buku yang disumbangkan merupakan buku sumbangan dari mahasiswa baru Unpad angkatan 2014. Pada saat acara Penerimaan Mahasiswa Baru, setiap mahasiswa baru menyumbangkan tiga judul buku.

 

 

Mulai Tahun 2012 LPPM Unpad bekerjasama dengan DIIP Fikom Unpad dibantu oleh tim dari Perpustakaan Fikom Unpad, merancang penentuan jenis buku yang harus dikumpulkan Maba, pengolahan buku (weeding) sampai dengan buku dissemination dan didistribusi kepada masyarakat sampai dengan pengantaran ke lokasi. Pelaksanaan pengolahan buku dibantu oleh pustakawan dan staf perpustakaan Fikom Unpad, dan HIMA DIIP/HIMAKA serta Mahasiswa Perpustakaan Universitas Terbuka (UT).

 

 

Pada 2013, buku terkumpul dari mahasiswa baru sekitar 17.000 eksemplar dengan tema umum dan sudah dibagikan ke 25 titik di 5 kabupaten/kota di Jawa Barat. Sementara pada 2014 ini buku terkumpul sekitar 15.700 eksemplar dengan tema ilmu dan teknologi, pertanian dan umum dibagi ke 50 titik di 11 kabupaten/kota di Jawa Barat. (CM SAMSON /AA)