Tjahyo Kumolo, Komunikasi Sangat Berperan dalam Pemerintahan

 

Tahyo Kumolo

JATINANGOR – Jalannya roda pemerintahan sangat dipengaruhi oleh pola dan bentuk komunikasi yang dilakukan pimpinan pemerintah baik di daerah maupun di Pusat. Presiden Jokowi termasuk pemimpin yang mampu berkomunikasi dengan baik dengan semua pihak, terutama dengan rakyat.

Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, mengungkapkan hal itu dalam Kuliah Umum bertajuk “Komunikasi Politik dalam Pemerintahan” yang digelar oleh Fikom Unpad, Rabu (13/4) di Bale Sawala kampus Unpad Jatinangor. Acara dibuka oleh Rektor Unpad Prof Trihanggono Achmad. Hadir dalam acara ini para pimpinan Unpad dan Fikom, termasuk Dekan Fikom Unpad, Dr.Dadang Rahmat Hidayat,S.Sos, SH, MSi beserta jajarannya.

Suksesnya roda pemerintahan, ungkap Tjahyo bergulir karena komunikasi. Pimpinan pemerintahan baik di pusat maupun di daerah harus mampu mengorganisir dan menggerakan masyarakat untuk berperan dalam pembangunan. Daerah yang maju biasanya dipimpin oleh para pejabatnya yang mampu melakukan komunikasi politiknya dengan baik.

Menurutnya, kesuksesan Jokowi yang memulai karir politiknya dari Walikota Solo kemudian dipercaya jadi Gubernur DKI yang kemudian naik lagi menjadi Presiden RI semuanya karena Jokowi memiliki kemampuan komunikasi yang baik, khususnya komunikasi dengan rakyat.

“Setiap Jumat Sabtu Minggu Jokowi turun ke daerah” ujar Tjahyo. Hal ini sudah biasa dilakukan sejak dia jadi walikota dan gubernur.

Presiden, lanjutnya ibarat seorang komposer yang harus mengkomunikasikan segalanya dengan baik, apalagi Indonesia memiliki tiga tantangan utama yang harus ditangani serius, yakni masalah korupsi, narkoba dan terorisme.

Tiga masalah ini sudah sangat serius. Karena itu kata Tjahyo, kepala daerah yang ditangkap melalui Operasi Tangkap Tangan seperti Bupati Subang belum lama ini akan diberikan sangsi pemecatan oleh pihaknya. Begitu juga bagi kepala daerah yang terbukti menggunakan narkoba akan dilakukan sanksi yang sama.

Tjahyo Kumolo-2

Lukisan pensil Tjahyo Kumolo karya Teddy K Wirakusumah (kiri) untuk Mendagri seusai kuliah umum. (Foto Dadan Triawan/Humas Unpad)

Di penghujung acara, Mendagri Tjahyo Kumolo mendapatkan cinderamata berupa lukisan pensil dirinya karya dosen Fikom Unpad, Teddy K Wirakusumah. Lukisan ini diserahkan langsung oleh Dekan Fikom Unpad Dadang Rahmat Hidayat didampingi oleh Teddy K Wirakusumah sebagai pelukisnya.(AA)