Tommy Welly Sang Komentator Sepakbola

 

tommy-welly-edit-3PARA pecinta sepakbola Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama seorang Tommy Welly. Pria yang juga diakrab disapa Bung Towel ini adalah salah satu komentator sepakbola di Indonesia yang cukup sering tampil di layar kaca Indonesia. Pria kelahiran Bandung, 5 Maret 1971 ini terlahir dari keluarga penyuka olahraga. Ayahnya seorang pemain dan juga pelatih salah satu klub bola di Bandung. Tommy pun memang telah bermain dan menyukai dunia sepakbola sejak kecil. Terlebih lagi pada klub Barcelona dan Pep Guardiola, salah satu tim dan sosok pemain dan pelatih idamannya.

 
Sebelum menjadi seorang komentator sepakbola, Bung Towel lebih dulu menginjakan karirnya dalam dunia kewartawanan. Jalur ini diambil karena Bung Towel sendiri berlatar belakang pendidikan jurnalistik di Fikom Unpad angkatan 1989. Karirnya sebagai wartawan bahkan telah dimulai ketika dirinya masih berstatus sebagai mahasiswa. Saat kuliah dia sudah berkerja Harian Umum Bandung Pos dan ditempatkan dalam desk olahraga. Dari sinilah Tommy mulai melebarkan sayapnya untuk menjadi seorang jurnalis dan komentator yang handal seperti saat ini.

 
Tommy-Welly-edit-2Pengalaman dalam dunia sepakbola tidak perlu dipertanyakan lagi. Tommy Welly memang sudah cukup terkenal dengan kelihaiannya dalam menganalisa sebuah pertandingan.Terlebih lagi karena dirinya memiliki latar belakang sebagai wartawan olahraga yang tentu memiliki pengetahuan yang luas di bidangnya. Tommy termasuk salah satu jajaran komentator senior di Indonesia bersama koleganya, Mochamad Kosnaeni.

 
Dulu Bung Towel hanya tampil di stasiun televisi ANTV untuk menjadi komentator di Indonesia Super League (ISL). Namun dia pun merambah ke stasiun televisi lainnya seperti RCTI dan SCTV. Selain ISL, saat ini Bung Towel juga kerap tampil sebagai komentator di Europe Champions League dan di setiap laga ketika Timnas Indonesia bermain.

 
Tommy-Welly-Edit-1Di balik kesuksesannya tersebut, tidak semuanya dapat berjalan dengan mulus. Dalam sebuah karir tentu seseorang akan mendapati sebuah permasalahan. Begitu pun Bung Towel. Sebagai komentator dan pengamat sepakbola, dirinya sempat dikecam oleh beberapa pecinta sepokbola tanah air terkait komentarnya terhadap permasalahan persepakbolaan di Indonesia. Sebagian orang memandang bahwa dirinya hanya memandang permasalahan dalam sudut yang sempit.

 
Meski begitu masalah seperti itu tersebut tidak serta merta menjadikan Bung Towel terpuruk dalam karirinya. Dia mampu membuktikan bahwa dirinya masih bisa tetap eksis di dunia persepakbolaan Indonesia hingga saat ini. Bahkan Tommy, selain menjadi seorang komentator, dia pun kini merangkap jabatan dalam tubuh PSSI. Saat ini dia menjabat sebagai General Manager Footbal Development PSSI.(Teguh Setiyo Wibowo)