Ulang Tahun Perdana Hima Ilkom

 

Ultah Hima Ilkom-2JATINANGOR – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Hima Ilkom) merayakan ulang tahun pertamanya pada Senin (11/05). Dengan mengusung tema “metamorfosis”, Hima Ilkom mengharapkan adanya pembaharuan dan semangat baru di semua anggotanya.
Hamzah Mutaqin, Ketua Hima Ilkom, terlihat bahagia saat diwawancarai, dia menjelaskan perkembangan Hima Ilkom selama setahun ini. “Saya tidak mengharapkan organisasi ini langsung jadi hebat. Sejauh ini, saya berupaya menjadikan Hima Ilkom menjadi organisasi yang baik dulu. Baik disini artinya minim konflik dan jalur komunikasi di dalamnya padu. Kalau jalur komunikasi internal sudah baik, otomatis hubungan ke luar organisasi juga akan baik.”

 

Baru berdiri selama setahun, Hima Ilkom ternyata sudah menunjukkan eksistensinya melalui berbagai event dan prestasi yang mengharumkan namanya. Utusan Hima Ilkom menyandang juara 2 media matters di Pekan Komunikasi UI, juara 2 news reporter competition di Universitas Negeri Yogyakarya (UNY), dan juara 1 di Lomba Cerdas Cermat Indonesia yang diadakan oleh Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad.
Hamzah mengutip pesan Purwanti Hadisiwi, Ketua Prodi Ilkom, bahwa Hima Ilkom harus dijadikan sebagai wadah bagi semua mahasiswa program Ilkom untuk mempromosikan diri dan menunjang keprofesiannya. Tiga profesi utama yang menjadi target lulusan dari program studi ilmu komunikasi, yaitu bekerja di bidang scientific, strategic communication planner, dan creative media developer.

 
Ada yang menarik pula dari perayaan ulang tahun Hima Ilkom ini. Semua anggota Hima Ilkom diharapkan membuat tweet berisi harapan dan doanya untuk Hima Ilkom di umurnya yang baru. Salah satu kicauan datang dari Buala Jeffry (@bualajeffry) yang mengharapkan Hima Ilkom dapat menghimpun semua anggotanya, bukan hanya terlihat bagus dari luar melainkan pula menyatu di dalam, loyal, dan berempati.
Senada dengan itu, Arief Nurrohman (Ketua Divisi HRD Hima Ilkom) juga berharap agar Hima Ilkom tetap solid dan menciptakan iklim saling mendukung di dalamnya.

 

Seperti diketahui, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi merupakan lembaga baru. Sebelumnya, mahasiswa Ilmu Komunikasi disebar menjadi tiga jurusan, yakni Jurnalistik, Humas dan Mankom, sehingga para mahasiswa tergabung ke dalam tiga himpunan tersebut. Mulai tahun 2013, Ilmu Komunikasi menjadi program studi S1 tersendiri, dan mulai tahun 2014 berdiri Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fikom Unpad.
Selamat ulang tahun, Hima Ilkom! (Margaretha Sinaga)