Umat Islam yang Berpuasa Ibarat Metamorfosa Kupu-kupu.

 

DSC02931

JATINANGOR– Ibadah puasa ini jangan dijadikan sebagai beban tetapi seharusnya diterima dengan penuh kegembiraan, oleh orang-orang yang beriman. Ustadz Endang Kusmana mengungkapkan hal itu dalam tausiah menjelang buka puasa bersama Fikom Unpad, Jumat (10/7). Hadir juga dalam acara buka puasa ini, Rektor Unpad Prof.Dr. Tri Hanggono Achmad,dr.

 
Acara dihadiri oleh Dekan Fikom Unpad, Prof.Deddy Mulyana MA,PhD, para wakil dekan, para koordinator prodi, kepala lab, kepala UPT, Kabag TU, kasubag dan pimpinan lainnya serta para dosen dan tenega kependidikan.

 
“Yang namanya ulat ketika belum menjadi kupu-kupu, binatang ini sangat menjijikan namun tatkala ulat tersebut masuk pada masa kepompong dan berhasil berubah wujud menjadi seekor kupu-kupu yang indah, maka binatang tersebut menjadi naik derajatnya dan dikiaskan menjadi binatang yang membawa keberkahan, yaitu sebagai penanda datangnya tamu apabila kupu-kupu masuk rumah”, ungkap Endang yang mengumpamakan umat Islam yang sedang berpuasa dengan seekor kupu-kupu.

 

 

Endang Kusmana membawakan tausiahnya dengan gaya santai dan penuh dengan candaan. Pada akhir ceramahnya, Endang mengajak agar umat Islam, khususnya civitas di lingkungan Fikom Unpad agar memanfaatkan sisa-sisa hari di bulan Ramadhan ini (red:sepuluh hari terakhir ini) dengan aneka kegiatan yang lebih bermanfaat dalam mengkaji isi Al-Qur’an yang dikaitkan dengan fenomena kehidupan sekarang ini yang semakin mengglobal, dengan tetap berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup menuju kebahagian dunia dan akhirat. (ARN)