Universitas Djuanda Bogor Studi Banding ke Fikom Unpad

 

Universitas-Juanda-edit

JATINANGOR – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran yang dinobatkan sebagai The Best School of Communication kategori PTN di Indonesia versi Majalah Mix Marketing tak pernah sepi dari kunjungan universitas lain. Salah satunya adalah kunjungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda Bogor ke Fikom Unpad, Selasa (24/05).

Rombongan ini diterima dengan hangat di Ruang Oemi Abdurachman Kampus Fikom Unpad Jatinangor oleh Syauqy Lukman,S.Sos, MSM (Kepala Laboratorium Humas Fikom Unpad), Agus Setiaman, S.Sos, M.Si (Manajer Pembelajaran), dan FX Ari Agung Prastowo, S.Sos, M.Si (Manajer Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni).

Rombongan dipimpin oleh Dekan FISIP Universitas Djuanda, Wakil Dekan I Bidang Akademik, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi, Kepala Program Studi Ilmu Administrasi Negara, beberapa dosen dan kader dosen, serta mahasiswa pengurus BEM/Himpunan Mahasiswa FISIP Universitas Djuanda.

Dr. Hj. Rita Rahmawati, Dra, M.Si selaku Dekan FISIP Universitas Djuanda, dalam sambutannya mengatakan bahwa studi banding ini merupakan bentuk silaturahmi yang kemudian harapannya akan dapat mewujudkan kerja sama dalam bidang akademik dan kemahasiswaan.

Kerja sama dalam bidang akademik yang digagas FISIP Universitas Djuanda adalah pertukaran ilmu pengetahuan sesuai dengan perkembangan ilmu komunikasi, magang dosen, dan lain-lain. Sedangkan kerja sama dalam bidang kemahasiswaan nantinya dapat terbentuk dalam kegiatan yang saling melibatkan kedua institusi hingga pertukaran mahasiswa.

“Kedatangan kami ke sini adalah ingin belajar dari Fikom Unpad sehingga harapannya nanti FISIP Universitas Djuanda dapat meningkatkan akreditasinya”, ungkap Rita.

Kemudian, para pejabat FISIP Universitas Djuanda, dosen, serta mahasiswanya disuguhi video profil Fikom Unpad yang menceritakan sepak terjang Fikom Unpad selama ini.

Agus Setiaman, S.Sos, M.Si selaku Manajer Pembelajaran di Fikom Unpad pun selanjutnya memaparkan aktivitas pembelajaran di Fikom Unpad. Agus juga menjelaskan kisah historik Fikom Unpad sebagai satu-satunya fakultas ilmu komunikasi di PTN di Indonesia. Fikom Unpad dulunya bernama Fakultas Publisistik hingga saat ini bernama Fakultas Ilmu Komunikasi dengan 6 program studi sarjana (Ilmu Komunikasi, Jurnalistik, Hubungan Masyarakat, Manajemen Komunikasi, Ilmu Perpustakaan dan Informasi, serta TV dan Film).

FX Ari Agung Prastowo, S.Sos, M.Si selaku Manajer Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni lalu melanjutkan memberikan informasi mengenai kegiatan kemahasiswaan di Fikom Unpad. Ari ditemani langsung oleh Wakil Ketua BEM Fikom Unpad serta beberapa ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa (Hima) yang ada di Fikom Unpad. Setiap Ketua UKM dan Hima berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai kegiatan yang dilakukan oleh organisasinya.

Acara studi banding ini pun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Terlihat antusias rombongan dengan berbagai jenis pertanyaan yang dilontarkan. Salah satunya adalah dari Khoirul Amri (Ketua BEM FISIP Universitas Djuanda) yang menanyakan bagaimana strategi organisasi kemahasiswaan di Fikom Unpad untuk mempertahankan jumlah anggotanya. Beberapa ketua UKM dan Wakil Ketua Bem Fikom Unpad menjawab pertanyaan ini dengan penekanan pada pentingnya iklim organisasi yang baik. Hal ini dapat diwujudkan dengan memfasilitasi tujuan setiap mahasiswa yang masuk ke organisasi tersebut.

Di penghujung acara, FISIP Universitas Djuanda dan Fikom Unpad saling bertukar cinderamata. (Margaretha Sinaga)