Universitas Teknologi Mara Malaysia Kunjungi Fikom Unpad.

 

Malaysia-4-edit.

JATINANGOR– Sejumlah mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi beserta beberapa pembimbing dari Universitas Teknologi Mara Malaysia, Senin (4/8) menyambangi kampus Fikom Unpad. Mereka diterima di Ruang Oemi Abdurachman Gedung 1 Fikom Unpad. Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan studi banding yang rutin dilaksanakan.

 
Kedatangan rombongan disambut hangat dan penuh sukacita oleh tim Humas Fikom Unpad. Acara dihadiri oleh Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fikom Unpad Dr. Atwar Bajari, M.Si yang sekaligus memberikan sambutan penerimaan. Hadir pula Kepala UPT Humas Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si., Kepala UPT Kerjasama Maimon Herawati, S.Sos., M.Litt., dan Kepala Laboratorium Computer Mediated Communication (CMC) Nuning Kurniasih, S.Sos., M.Hum., serta perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fikom Unpad.

 
Malaysia-1-edit.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan perwakilan pembimbing yang mengutarakan maksud dan tujuan kedatangan mereka. Salah satunya ingin menambah wawasan para mahasiswa mengenai eksistensi Ilmu Komunikasi sekaligus menambah relasi dengan Universitas Padjadjaran. Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Dr. Atwar Bajari, M.Si kemudian menjelaskan gambaran umum Fikom Unpad dan harapan dengan adanya kerjasama akan meningkatkan relasi dari kedua belah pihak.

 
Kepala UPT Kerjasama Maimon Herawati, S.Sos., M.Lit turut memaparkan fasilitas, jenis prodi, kegiatan mahasiswa, serta predikat Fikom Unpad sebagai The Best School of Communication selama lima tahun berturut-turut oleh Majalah Mix Marketing. Maimon juga menjelaskan mengenai kegiatan pertukaran pelajar (student exchange) yang sudah dibuka untuk mahasiswa yang berasal dari Malaysia.
Malaysia-3-edit

Tak ingin melewati momen ini, perwakilan mahasiswa Universitas Teknologi Mara Malaysia Nurhani berkesempatan untuk memberikan sedikit penjelasan mengenai studi yang mereka tempuh dimana salah satunya adalah Communication Management and Policy (CMP). Nurhani berharap dengan adanya kunjungan ini dapat bermanfaat, tak hanya dari sisi pengetahuan tetapi juga dapat meningkatkan relasi. Selain itu, ia juga senang dengan acara penyambutan yang sangat terorganisasi.

 

Antusiasme peserta ditandai oleh banyaknya respon dan juga tanggapan positif. Muhammad Fahmi, salah satu peserta bertanya mengenai kans lulusan Fikom Unpad di dunia kerja. Atwar Bajari dengan lugas menjawab berdasarkan Tracer Study yang dilakukan, 80%-90% lulusan Fikom Unpad berhasil menempati posisi di dunia kerja. Dewasa ini, kebutuhan pasar kerja bagi lulusan Komunikasi terbuka lebar.

 
Usai pembukaan, peserta diajak untuk berkeliling dan singgah di beberapa laboratorium, seperti Laboratorium Radio, Laboratorium Grafika, dan juga Laboratorium Computer Mediated Communication (CMC). Selain itu, peserta juga mengunjungi perpustakaan Fikom Unpad.(Ryan Putra Gushendra).