Untirta Ingin Belajar dari Fikom Unpad untuk Buka Prodi Ilmu Perpustakaan

 
Untirta-Edit.

Kaprodi Ilkom Untirta bertukar cinderamata dengan Kaprodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fikom Unpad. (Foto Suwito)

JATINANGOR – Enam orang pimpinan Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) , Banten, melakukan kunjungan ke Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fikom Unpad, Senin (05/10). Maksud kunjungan ini adalah rencana pembentukan program studi ilmu perpustakaan di UNTIRTA. Rombongan Untirta diterima langsung di Ruang Sidang Prodi Ilmu Perpustakaan Fikom Unpad oleh Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fikom Unpad, Dr. H. Pawit M. Yusup, serta beberapa dosen.

 
Salah satu dosen dari Prodi Ilpus Fikom Unpad, Drs. Yunus Winoto, M.Pd, menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembentukan program studi baru, seperti penamaan jurusan dan gelar, profil lulusan, jumlah SKS dan capaian pembelajaran.

 
“Di Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fikom Unpad terdapat 142-146 SKS yang harus diselesaikan dalam jangka waktu 7 sampai 8 semester. Sedangkan capaian pembelajarannya adalah berkompetensi utama sebagai pustakawan dan peneliti”, ungkap Yunus.
Untirta-2

Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fikom Unpad juga menawarkan bantuan kepada FISIP UNTIRTA dalam hal pengajar di prodi yang akan dibentuk. Beberapa universitas lain yang juga pernah berkunjung ke Fikom Unpad dan berencana membentuk Prodi Ilmu Perpustakaan, biasanya “mencangkok” pengajar dari Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fikom Unpad. Bantuan pengajar dari Ilpus Fikom Unpad ini dibarengi dengan rekrutmen pengajar di prodi baru yang minimal menempuh pendidikan sarjana ilmu perpustakaan dan telah menyelesaikan pendidikan magister.

 
Kepala Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Untirta, Neka Fitriyah, S.Sos, M.Si, merasa sangat senang dan mengungkapkan rasa terima kasihnya akan pembelajaran yang didapat dari Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fikom Unpad.

 
“Kami merasa termotivasi dan sangat percaya diri sekarang untuk membuka prodi ilmu perpustakaan di UNTIRTA karena sudah mendapatkan informasi dan dukungan dari Fikom Unpad dalam hal pengembangan kurikulum, peluang kerjasama, dan ide untuk pembentukan prodi baru”, tuturnya. (Margaretha Sinaga)