Uud Wahyudin, “Profesor” Duluan, Gelar Doktor Belakangan.

 

Uud Wahyudin

Uud Wahyudin

Di Departemen Manajemen Komunikasi (Mankom) Fikom Unpad, sejak lama sejumlah dosennya selalu menyapa Uud Wahyudin dengan panggilan “professor”. Lelaki kelahiran 44 tahun lalu ini disapa “Prof” bukan karena jabatan akademiknya sudah professor (Guru Besar) namun karena sejak lama rambut Uud plontos secara alami. Untuk menyamarkan keplontosannya Uud seringkali mengenakan topi, baik di kampus maupun di luar kampus.

Nah, “Prof Uud” ini, Jumat (4/6) baru dinyatakan berhak menyandang gelar doktor setelah mempertahankan disertasinya berjudul “Konstruksi Makna Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Bagi Santri” di gedung Pascasarjana Unpad kampus Iwa Koesoemasoemantri Jl Dipatikukur No 35 Bandung. Rupanya Uud telah menyandang gelar profesor jauh sebelum dia mendapatkan gelar doktor.

Lelaki kalem dan ramah ini mengaku lama mengamati perilaku santri di Pondok Pesantren Salafi Darun Nadwa di Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi. “Jauh sebelum saya menjadi mahasiswa program doktor, karena rumah orangtua saya berdekatan dengan pesantren itu” ungkapnya. Uud memang lahir dan besar di kabupaten Sukabumi. Pendidikan SD hingga SMA-nya dia tempuh di tanah kelahirannya. Baru ketika kuliah ia memilih Jurusan Penerangan Fikom Unpad. Jurusan ini kini telah berubah nama menjadi Manajemen Komunikasi.

Uud memiliki kemampuan menulis yang bagus. Itu sebabnya dia selalu dipercaya menjadi penyunting buku, jurnal, pemimpin redaksi jurnal, news letter, dan lain-lain baik di lingkungan Fikom Unpad maupun di luar Unpad. Dia juga termasuk penulis artikel opini yang lumayan produktif di sejumlah media khususnya di suratkabar terkemuka di Jawa Barat, HU Pikiran Rakyat. Begitu pun menulis di jurnal ilmiah, termasuk di jurnal internasional seperti di Global Science Technology Forum, Journal Media Communication, Singapura.

Uud Wayudin bersama komunitas sepedanya.

Uud Wayudin bersama komunitas sepedanya.

Di samping rajin menulis, Uud juga termasuk penggila olahraga bersepeda. Hampir setiap Sabtu Minggu atau di hari-hari libur dia menggenjot sepedanya ke berbagai tanjakan di seputar Bandung Raya. Uud pun pernah menjajal rute Bandung-Pangandaran yang berjarak ratusan kilometer. Uud biasanya bersepeda dengan sejumlah koleganya di kompleks perumahan Cempaka Arum Kota Bandung. Karena itu, sejumlah sahabatnya di kompleks tersebut, hadir dalam sidang promosi doktornya, termasuk Kapolsek Jatinangor Kompol Roedy De Vries. (AA)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu