Visitasi BAN-PT ke Prodi Humas Fikom Unpad

 

Visitasi

JATINANGOR –  Untuk mempertahankan kualitas proses belajar mengajar dan sebagai institusi pendidikan yang telah meluluskan insan-insan kehumasan yang profesional, program studi Hubungan Masyarakat (S1) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menyambut kunjungan asesor pada Senin hingga Selasa, (02-03/5) yang diterima langsung di ruang Oemi Abdurahman gedung Dekanat oleh Pimpinan Fakultas yaitu Dekan, Wakil Dekan, Ketua SPM Unpad, Ketua Program Studi, Ketua Departemen, Ketua Laboratorium, Ketua Pusat Studi, para dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Fikom Unpad.

 

Visitasi terhadap Program Studi Humas Fikom Unpad ini dilakukan oleh Dr. Turnomo Rahardjo (Universitas Diponegoro) dan Dr. Catur Suratnoaji, M.Si (UPN Veteran Surabaya) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

 

Dalam sambutannya, ketua Prodi Humas (S1) Dr. Susie Perbawasari, M.Si menyampaikan, melalui proses visitasi akreditasi Program Studi, diharapkan ditemukan permasalahan substansial dalam penyelengaraan Prodi Humas (S1), untuk ditindaklanjuti sebagai butir penting dalam perbaikan penyelenggaraan kegiatan pendidikan secara lebih profesional dan menjadi ajang evaluasi kelembagaan untuk meningkatkan standar mutu manajemen, tata pamong, kepemimpinan, proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Inovasi, dan Kerjasama Fikom Unpad Dr. Dadang Sugiana, M.Si mengucapkan selamat datang kepada Tim Asesor, disampaikannya Akreditasi BAN PT merupakan komitmen para pengelola pendidikan dalam melaksanakan sistem penjaminan mutu yang dilakukan oleh pihak eksternal, dan diharapkan melalui kegiatan visitasi asesor diperoleh gambaran tentang mutu penyelenggaraan tinggi yang dilaksanakan Prodi Humas Fikom Unpad, sebagai bagian dari akuntabilitas penyelenggaraan Perguruan Tinggi.

 

“Kondisi Fikom dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang ada melalui alokasi dana penelitian dan PKM, insentif, sarana dan prasarana pembelajaran yang dimiliki, kegiatan kemahasiswaan dan prestasi mahasiswa, hingga jalur masuk dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa”, ungkap Dadang.

 

Dr. Edwin Rizal, M.Si selaku Wakil Dekan II Bidang Perencanaan, Tata Kelola, Sistem Informasi, dan Sumber Daya menyampaikan ucapan selamat bekerja dan bertugas kepada tim asesor serta diakhiri dengan memperkenalkan seluruh pimpinan fakultas dan civitas akademika Fikom Unpad secara bergiliran.

 

Selanjutnya, ucapan terima kasih juga disampaikan oleh perwakilan tim asesor yang menyetakan banyak terima kasih atas sambutan pimpinan pihak Fikom Unpad dan menyatakan bahwa seluruh komponen penilaian dari standar 1 hingga standar 7 akan dilaksanakan sesuai standard operational procedure (SOP) sesuai ketentuan.

 

Selain itu, para asesor berkomitmen untuk melakukan penilaian dengan obyektif, akurat dan tepat didukung dengan klarifikasi dan dokumen yang terkait. Tahap penilaian terhadap borang dan atau portofolio program studi maupun institusi yang disampaikan beserta lampiran-lampirannya melalui pengkajian desk evaluation atau pengkajian langsung di atas meja. Setelah itu, penilaian di lapangan (visitasi) untuk validasi dan verifikasi hasil desk evaluation atau penilaian di program studi/institusi dalam hal ini Prodi Humas (S1) Fikom Unpad.

 

Pada hari kedua, di saat serah terima berita acara hasil verifikasi borang 3B oleh Tim Asesor Dr. Turnomo Rahardjo dan kepada Wakil Dekan I Fikom Unpad dan berita acara verifikasi borang 3A dari Dr. Catur Suratnoaji, M.Si kepada Ketua Prodi Humas (S1). Salah satu tim asesor menyampaikan bahwa maksud dan tujuan visitasi adalah pembuktian, apakah kalimat yang indah diborang seindah pula dengan faktanya.(ARN).