Wakil Menteri Kemenparenkraf Buka Seminar Internasional PACA 2014 Fikom Unpad

 
Wamen Parenkraf Sapta Nirwandar

Wamen Parenkraf Sapta Nirwandar

BANDUNG – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr.Sapta Nirwandar SE, Selasa (24/6) membuka seminar internasional “Beyond Asia: Communicating Asian Culture To World” yang diselenggarakan oleh Pacific and Asian Communication Association(PACA) bekerjasama dengan Fikom unpad, di Graha Sanoesi Hardjadinata, Kampus Unpad Bandung. Hadir dalam pembukaan ini, Prof. Carolyn Calloway-Thomas, President of World Communication Association (WCA), Indiana University, USA; Prof. Melissa Beall, University of Northern Iowa, USA, Prof. Seon-Gi Baek, President of PACA, University of Sungkyunkwan, Korea Selatan, Wakil Rektor-1 Unpad, Prof.Dr.Engkus Kuswarno MS, serta Dekan Fikom Unpad sekaligus Ketua Panitia, Prof.Deddy Mulyana,MA,PhD.

Sapta Nirwandar menyambut baik acara seminar internasional mengingat masalah komunikasi merupakan masalah global yang selalu menarik untuk diperbincangkan, bahkan sektor pariwisata Indonesia pun cukup berkembang karena didukung oleh komunikasi yang positif. Sapta juga menyatakan selamat kepada Fikom Unpad yang telah dipercaya oleh PACA sebagai mitra penyelenggaraan acara ini.

Kesenian Pembuka Seminar Internasional dari Saung Angklung Udjo.

Kesenian Pembuka Seminar Internasional dari Saung Angklung Udjo.

Menurut Ketua Panitia, Prof. Deddy Mulyana,MA,PhD, seminar internasional ini diikuti oleh 346 peserta dari 14 negara yakni Korea, Jepang, Filipina, Malaysia, Jordan, Amerika Serikat, China, Rusia, India, Iran, Kanada dan Indonesia. Sebanyak 223 makalah dipresentasikan dalam kelas paralel dalam kegiatan yang berlangsung hingga 26 Juni ini. Acara ini mengusung tema Beyond Asia: Communication Asian Culture to the World dengan 7 pokok bahasan yakni: Komunikasi Antarbudaya, Media dan Periklanan, Berita , Media and Jurnalisme, Teknologi Komunikasi,  Komunikasi Kesehatan, Media Sosial dan Budaya Partisipasiserta Studi Budaya Asia

Seminar ini, ungkap Deddy bertujuan untuk mengomunikasikan Asia ke dunia internasional mencakup identitas, budaya, dan hubungan sosial  antara Asia dengan Barat; eksplorasi budaya partisipasi yang tumbuh dalam media baru dengan karakteristik yang unik serta eksplorasi komunikasi antar budaya, konflik budaya dan hibriditas budaya, diaspora orang-orang Asia, pendidikan bahasa Asia dan seni, media baru dan budaya partisipasi. 

Tentang PACA

PACA merupakan sebuah organisasi nirlaba tempat berhimpun para pendidik, ilmuwan, dan pemerhati bidang komunikasi untuk mempromosikan kajian, kritik, penelitian, pembelajaran, dan aplikasi seni, kemanusiaan, dan sosial berdasarkan prinsip-prinsip komunikasi yang didirikan pada 1 Mei 1995. Secara berkala, PACA menyelenggarakan konvensi dua tahunan sebagai ajang konsolidasi organisasi dan berbagi karya ilmiah hasil  penelitian terbaru dari para pemerhati kajian komunikasi baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

Keanggotaan bersifat terbuka bagi pihak yang tertarik dalam mendukung/mempromosikan tujuan Asosiasi. Ruang lingkup operasional Asosiasi bertempat di wilayah Pasifik termasuk didalamnya bagian barat benua Asia beserta dataran dan kepulauan disekitarnya.

Asosiasi ini memenuhi tujuannya melalui Human Communication, Semi-Tahunan Jurnal Pendidikan, Newsletter, laporan tahunan juga termasuk didalamnya menyelenggarakan konvensi dua-tahunan. Seminar, workshop dan berbagai bentuk aktifitas yang dianggap sesuai. Konvensi tahunan diselenggarakan oleh  afiliasi asosiasi. (AA/Evelind)