Warga Sudan Raih Gelar Doktor Komunikasi dari Fikom Unpad

 

Doktor-Ali-edit

BANDUNG – Abdelrahman Ali Abdelrahman Mohamed, mahasiswa asal Sudan Afrika meraih doktor Ilmu Komunikasi di Program Doktor Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad. Ali berhasil mempertahankan disertasi berjudul First Time Voters Meaning Construction of Television Political Messages on Indonesian Legislative Election in 2014 dalam sidang terbuka, belum lama ini di Bandung.

Ali dipromotori oleh Prof. Deddy Mulyana,MA,PhD, Prof.Dr.Soeganda Priyatna,MM dan Dr. Eni Maryani MSi. Sedangkan yang bertindak sebagai tim oponen ahli adalah Prof. Yanyan M Yani,PhD, Dr.Atwar Bajari,MSi dan Dr.Hanny Hafiar,MSi.

Dalam disertasinya, Ali mengeksplorasi konstruksi makna dari pemilih pemula pada Pemilu Legsilatif 2014 di Kec.Pulogebang DKI Jakarta dari pesan-pesan politik televisi. Dia juga menggali bagaimana kebebasan media di Indonesia khususnya peran televisi dalam meningkatkan kesadaran politik pemilih pemula dalam Pemilu Legislatif.

Menurutnya, komersialisasi dan konsentrasi kepemilikan stasiun TV di Indonesia telah dikerdilkan. Fungsi televisi sebagai alat pendidikan dan peningkatan kesadaran politik baru menyentuh aspek teknis pemilu. Namun, lanjut Ali, Televisi Indonesia gagal dalam menyediakan informasi yang mendalam khususnya dari kandidat yang tengah bersaing. Selain itu, isi siaran politik stasiun TV Indonesia kurang menarik dan teralu  berfokus pada berita negatif tentang politisi.

 

Para pemilih pemula, ungkap Ali, menyatakan bahwa pesan politik stasiun TV telah membantu mereka untuk mengembangkan antusiasme yang tinggi sebagai warga negara untuk berpartisipasi dalam pemilu legislatif. Namun, interpretasi ini terkena dampak negatif efikasi politik eksternal karena mereka percaya bahwa suara mereka tidak akan menciptakan perubahan dan demokrasi tidak responsif terhadap masyarakat umum. (AA)