Workshop Penulisan Artikel Jurnal Internasional bagi Dosen Fikom Unpad

 

Jurnal-Internasional-Paca-edit-2JATINANGOR – Sebagai tindak lanjut dari 2nd Biennal Conference Pacific Asia Communication Association (PACA) tahun lalu, panitia lokal PACA Indonesia di Fikom Unpad menyelenggarakan Workshop Penulisan Jurnal Ilmiah Internasional, pada Kamis dan Jumat (12-13 Feb) di Kampus Fikom Unpad Jatinangor.

 
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri oleh mahasiswa Program Pascasarjana Fikom Unpad dan juga para dosen dari berbagai departemen. Workshop Dipandu oleh Efi Fadilah,. Acara diawali dengan laporan dari Nindi Aristi selaku koordinator. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fikom Unpad Prof. Deddy Mulyana.
Sesi pertama diisi dengan materi kiat menembus jurnal internasional yang disajikan oleh Erie Febrian, S.E., M.B.A., M.Comm., Ph.D dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad. Sesi ini dimoderatori oleh Nunik Maharani, dosen Jurnalistik. Sesi kedua diisi dengan materi pemetaan jurnal oleh Zuma Abdu, doktor lulusan UPI asal Uganda. Sesi ini juga dimoderatori oleh dosen Jurnalistik Maimon Herawati, S.Sos., M.Lit.

 
Jurnal-Internasional-Paca-edit-1Sesi Jumat kembali diisi dengan materi lanjutan upaya menembus jurnal internasional yang disampaikan oleh Dr. Atwar Bajari, M.Si selaku Wakil Dekan 1 Fikom Unpad didampingi oleh Zuma Abdu. Sesi ini dimoderatori oleh kepala perpustakaan Fikom Unpad Yulianti, S.Sos., M.Ikom. Sesi kedua mendatangkan narasumber seorang konsultan bahasa asal Australia Peter Morse yang membawakan materi bahasa Inggris untuk jurnal ilmiah.

 
“Fikom Unpad memiliki target untuk menerbitkan 10 artikel ilmiah di jurnal internasional. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mencapai target tersebut,” papar Maimon Herawati salah seorang panitia. Dalam workshop ini, peserta mengirimkan karya ilmiahnya untuk dievaluasi oleh Zuma Abdu. Sebagian karya ilmiah langsung dibedah dalam workshop tersebut, mulai dari judul, abstrak, hingga sistematika penulisan karya ilmiah yang benar. (EVELIND)