Yani Tri Wijayanti, Dosen FISH UIN Sunan Kalijaga, Raih Gelar Doktor Komunikasi

 

DSC02984

BANDUNG – Intensitas dan kualitas komunikasi sebuah organisasi terbukti dapat mempengaruhi kinerja sebuah organisasi. Komunikasi juga mempengaruhi pula kepuasan, iklim dan efektivitas organisasi. Karena itu, organisasi yang kualitas komunikasinya tinggi kinerja organisasi itu pun tinggi pula.

 
Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yani Tri Wijayanti (36) mengungkapkan hal itu saat mempertahankan disertasinya di Program Doktor Ilmu Komunikasi, Fikom Unpad, dalam sidang Promosi Doktor yang berlangsung Kamis lalu di kampus Unpad Dipatiukur Bandung. Yani tampil dengan disertasi berjudul “Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Melalui Kepuasaan Komunikasi terhadap Kinerja Pendidik”. Yani meneliti kinerja pendidik (dosen, pelatih dan pengasuh) di IPDN Jatinangor.

 
Yani dipromotori oleh Dr, Asep Suryana,MSi, Prof.Dr.Mien Hidayat, MS dan Dr.Rd.Funny Mustikasari Elita,MSi. Bertindak sebagai oponen ahli, Prof.Dr,Engkus Kuswarno, Prof.Dr.Murtir Jeddawi,MSi dan Dr. Purwanti Hadisiwi,M.Exed. Dalam sidang yang dipimpin oleh Dekan Fikom Unpad, Dr.Dadang Rahmat Hidayat,S.Sos,SH,MSI ini bertindak sebagai representasi Guru Besar, Prof.Dr. Deddy Mulyana,MA, PhD.

 
Menurut Yani, kepuasaan komunikasi di IPDN Jatinangor dipengaruhi oleh iklim komunikasi organisasinya yang di dalamnya terdiri dari kepercayaan, partisipasi, keputusan bersama, kejujuran, keterbukaan komunikasi ke bawah, mendengarkan komunikasi ke atas serta perhatian pada aneka tujuan berkinerja tinggi.Oleh karena itu, sambung Yani, semakin baik iklim komunikasi organisasinya maka semakin baik kepuasaan komunikasinya.

 
Kinerja pendidik (dosen, pelatih dan pengasuh) di IPDN Jatinangor juga dipengaruhi oleh kepuasan komunikasi yang terdiri dari kepuasan pekerjaan, kepuasan ketepatan informasi, kepuasan atas saran penyempurnaan, kepuasan atas kualitas media yang digunakan, kepuasan atas komunikasi teman sejawat serta kepuasan atas keterlibatan dalam komunikasi organisasi. (AA)