Yulianti Wakili Jawa Barat ke Ajang Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional

 
Yulianti menjelang Upacara HUT-RI ke-69 di Istana Negara.

Yulianti menjelang Upacara HUT-RI ke-69 di Istana Negara.

JAKARTA – Kepala Perpustakaan Fikom Unpad, Yulianti berhasil lolos ke tingkat nasional dalam ajang pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Perpustakaan Nasional 2014 yang berlangsung di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, (14-19/8). Kegiatan yang diselenggarakan Pusat Pengembangan Pustakawan, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI ini bertemakan, “Pustakawan Indonesia dan ASEAN Free Trade Area (AFTA)”. Sayang dalam kompetisi ini Yulianti belum beruntung untuk meraih juara.

Para pustakawan yang bertarung adalah para pustakawan terbaik tingkat provinsi di seluruh Indonesia. Namun dalam kompetisi tingkat nasional ini empat provinsi tidak mengikuti pemilihan ini, jadi pesertanya hanya 29 provinsi. Yuli –panggilan Yulianti- sebelumnya adalah pustakawan terbaik tingkat provinsi Jawa Barat, sehingga dia berhak mewakili Jabar ke tingkat nasional

Di tingkat Jawa Barat, Yuli meraih juara I setelah mengalahkan 21 finalis lainnya dari berbagai institusi se-Jabar. Sebagai pustakawan terbaik tingkat provinsi beberapa waktu lalu, Yuli juga pada 2013 lalu mewakili Unpad untuk pemilihan pustakawan terbaik versi DIKTI dan meraih juara 3 Nasional.

Foto Bersama para Peserta dan Dewan Juri.

Foto Bersama para Peserta dan Dewan Juri.

Menurut Yuli, ajang pemilihan pustakawan nasional ini diantaranya bertujuan mendorong terjailnnya jaringan kerjasama jasa informasi perpustakaan yang kuat di antara para peserta.

“Selain itu, juga guna mewujudkan citra pustakawan sebagai profesi yang dapat dibanggakan di lingkup nasional dan regional/ maupun internasional” ujar Yuli. (AA)