Rombongan University of Twente dan Groningen Kunjungi Fikom Unpad.

 
Foto Bersama Rombongan Belanda dan Dosen Fikom Unpad (Foto Suwito).

Foto Bersama Rombongan Belanda dan Dosen Fikom Unpad (Foto Suwito).

JATINANGOR – Empat Dosen dan 21 mahasiswa Program Pascasarjana University of Twente dan Groningen University Belanda Rabu (16/7) berkunjung ke Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Jatinangor. Dua perguruan tinggi ini saling tukar pengalaman seputar pendidikan dan dunia komunikasi.

Rombongan diterima langsung oleh pimpinan Fakultas Ilmu Komunikasi, Prof.H. Deddy Mulyana MA,PhD, serta Dr.Atwar Bajari MSi dan Dr.Hj.Sussane Dida MM masing-masing selaku wakil Dekan 1 dan 2. Hadir pula sejumlah dosen Fikom Unpad.

Memasuki acara inti, diskusi dan sharing tentang program study tour dan perkuliahan di University of Twente tampil Koen van Muijen selaku ketua rombongan dan Dr. Sabrina Hegner selaku manajer program, serta dosen pendamping Prof. Dr. Ad Pruyn. Mereka melakukan sharing session dipandu oleh dosen dari jurusan Hubungan Masyarakat Fikom Unpad, Aang Koswara dan Centurion. tentang Corporate Social Responsibility yang diajarkan di University of Twente dan juga Fikom Unpad. Diskusi tersebut berlangsung hangat dan sebagai ajang bertukar pendapat tentang CSR dari berbagai perspektif.

Tiga mahasiswa Belanda bercengkrama dengan mahasiswa Fikom Unpad.

Tiga mahasiswa Belanda bercengkrama dengan mahasiswa Fikom Unpad.

Setelah diskusi berakhir, seluruh mahasiswa Belanda tersebut berkesempatan untuk membagikan kuesioner yang telah mereka persiapkan. Mahasiswa dari University of Twente dibagi dalam 4 kelompok penelitian. Kelompok pertama membahas tentang consumer perspective and motives, yang beranggotakan mahasiswa dari program sarjana. Kelompok kedua membahas tentang future employees and willingness to apply in companies, beranggotakan mahasiswa dari program pascasarjana. Kelompok ketiga yang juga beranggotakan mahasiswa pascasarjana membahas tentang consumer perspective in multinational companies. Kelompok keempat membahas tentang comparison of intercultural perspective. Kuesioner yang mereka bagikan sebagai langkah pengambilan data untuk riset yang mereka lakukan terhadap mahasiswa komunikasi di Indonesia.

Suasana keragaman budaya pun makin terasa di kampus Fikom Unpad. Beberapa orang mahasiswa dari berbagai jurusan di Fikom Unpad ikut berbaur dan mengajak mahasiswa Belanda untuk berkeliling kampus. Bahkan, mereka pun saling belajar bahasa Indonesia dan Belanda dan bercengkerama. Menjelang petang, seluruh rombongan kembali ke ruangan  Oemi Abdurrahman untuk menikmati santap malam bersama sekaligus berbuka puasa.

Seluruh tamu dari Belanda ini disambut dengan meriah oleh penampilan tim kesenian Fikom Unpad. Rangkaian acara penyambutan diawali dengan penampilan Tari Jaipongan, rampak kacapi, dan penampilan Angklung  Tim Dharma Wanita Fikom Unpad yang menyajikan lagu Manuk Dadali dan Halo-Halo Bandung. Penampilan kesenian ini mendapatkan apresiasi hangat dari rombongan dari Belanda ini. (evelynd)