Pusat studi komunikasi kesehatan merupakan wadah bagi akademisi dan peneliti yang fokus pada pengembangan keilmuan dan peningkatan kualitas komunikasi kesehatan biopsikososial. Menaungi kajian di bidang komunikasi kesehatan dengan pendekatan personalistik dan naturalistik, informasi kesehatan di media, kesehatan mental, kesehatan reproduksi, promkes, literasi kesehatan, dan komunikasi dokter dan pasien. Pusat studi komunikasi kesehatan mencoba menemukan berbagai model komunikasi kesehatan pendekatan holistik.

Pusat Studi Komunikasi Lingkungan adalah wadah bagi akademisi dan mahasiswa yang memiliki minat untuk melakukan riset, pelatihan, dan pelayanan jasa keilmuan komunikasi lingkungan seperti manajemen media, sosialisasi manajemen informasi, komunikasi organisasi, audit komunikasi, etika dan regulasi, serta pemberdayaan guna memberi perspektif dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengelolaan dan pelestarian lingkungan.

Pusat Studi Komunikasi, Media dan Budaya memiliki tujuan untuk menjadi pusat pengembangan kajian komunikasi, media dan budaya serta berkontribusi pada masyarakat secara langsung maupun tidak langsung dalam menyikapi berbagai masalah terkait komunikasi dan media.
Berbagai kegiatan diselenggarakan untuk mendorong dan memfasilitasi partisipasi dosen dan mahasiswa khususnya pascasarjana di Fikom Unpad dalam kegiatan penelitian, diskusi, lokakarya dan publikasi baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan pihak atau lembaga lain.