
Seminar Institusional Departemen Komunikasi Korporasi Fikom Unpad “Reputasi Layanan Kesehatan Indonesia di Mata Publik”
Departemen Komunikasi Korporasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Seminar Institusional mengenai Reputasi Health Care Indonesia di Mata Publik pada Selasa, 8 November 2022 pukul 09.00 WIB melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini meliputi penyampaian materi oleh narasumber, sesi diskusi, serta pengumuman terkait pengumpulan artikel ilmiah yang akan diterbitkan pada book chapter. Tujuan kegiatan ini adalah bertukar informasi mengenai peran bidang Ilmu Komunikasi pada pelayanan kesehatan di Indonesia.
Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Organisasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Dr. Jenny Ratna Suminar, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Departemen Komunikasi Korporasi Fikom Unpad yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Beliau mengungkapkan bahwa kegiatan seminar yang dihadiri oleh praktisi dalam bidangnya dan juga peserta dari berbagai latar belakang bidang seperti ini adalah kesempatan untuk bertukar informasi yang baik. Sehingga, harapannya kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali di kemudian hari.
Materi pertama disampaikan oleh Dr. Trie Damayanti, S.Sos., M.Si. yang merupakan dosen program studi Hubungan Masyarakat. Beliau menyampaikan materi dengan judul “Membangun Kepercayaan Publik pada Layanan Kesehatan sebagai Bahan Pembentukan Daya Saing Bangsa”. Beliau juga mengungkapkan bahwa peran brand awareness pada layanan kesehatan menjadi penting dengan bagaimana layanan kesehatan tersebut dikenal serta diasosiasikan oleh para calon pengguna. Sehingga diperlukan adanya strategi dalam pembentukan brand layanan kesehatan kepada masyarakat.
Agenda berikutnya adalah pematerian kedua yang disampaikan oleh Bapak Anjari Umarjiyanto, Ketua Umum Perhimpunan Humas Rumah Sakit Indonesia. Beliau menyampaikan materi terkait Image and Reputation dalam manajemen Hubungan Masyarakat yang dapat mempengaruhi karakter Hubungan Masyarakat pada suatu rumah sakit. Beliau mengungkapkan bahwa peran Hubungan Masyarakat yang baik mampu membangun citra dan reputasi institusinya. Maka dari itu diperlukan reputasi diri yang baik terlebih dahulu dalam membangun citra institusi.
Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab kepada para narasumber yang dipandu oleh moderator Retasari Dewi, S.I.Kom, M.I.Kom. Pada akhir sesi kegiatan, ditutup dengan adanya pemberian sertifikat kepada para pemateri dan sesi foto bersama. Kegiatan ini dapat disaksikan kembali melalui tayangan ulang pada youtube Fikom Unpad Official. (TC/DM)