
Fikom Unpad Bekerjasama dengan Moji TV menggelar Seminar “Manajemen Produksi Konten Televisi”
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran bekerjasama dengan Moji TV menyelenggarakan Seminar “Manajemen Produksi Konten Televisi” dalam rangka Moji Goes to Campus pada hari Rabu, 10 Mei 2023 pukul 13.00 WIB di Gedung Pascasarjana Ruang Auditorium Fikom Unpad. Seminar ini dihadiri oleh Dekan, Ketua Program Studi, undangan, serta mahasiswa.
Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Moji yang telah bekerjasama menggelar acara seminar dengan tema “Manajemen Produksi Konten Televisi”. Kegiatan ini merupakan awal yang baik untuk kita semua dan beliau berharap kegiatan ini akan berlanjut pada masa mendatang.
Selanjutnya, Direktur Divia Unpad TV, Dr. Gumgum Gumilar, S.Sos., M.Si menyampaikan materi mengenai TV Komunitas. Divia Unpad TV merupakan TV Komunitas yang berada di Jatinangor. Divia Unpad TV resmi memiliki izin Kominfo untuk tayang mulai 24 Juni 2022. Divia Unpad TV disamping bersiaran pada TV Digital juga live streaming di kanal Youtube. Beliau menyampaikan bahwa, Divia Unpad TV lebih berfokus pada Pendidikan. Yang membedakan Divia Unpad TV dan TV yang lain yaitu tidak menampilkan iklan, dimana hal ini akan berpengaruh terhadap konten yang akan diproduksi. Apa saja yang produksi Divia Unpad TV yaitu liputan mandiri, liputan kolaborasi, dan akuisisi.
Pemateri kedua adalah Herry Nugraha Javas selaku Head of Production of Moji TV, beliau menyampaikan untuk membuat sebuah konten harus relevan yaitu sesuai dengan apa yang dituju, dimana selalu melakukan berbagai inovasi, out of the box, konsisten, engaged, dan just do. Diakhir sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dalam membuat konten kita tidak usah takut akan kegagalan, jangan berhenti belajar, ikuti perkembangan zaman, dan jangan pernah takut untuk mencoba.
Materi selanjutnya disampaikan oleh Adam Rinaldi selaku Head of Digital Marketing of Moji yang membahas kolaborasi media sosial dan televisi. Apa itu digital marketing, Ekosistem digital secara umum di dunia dan Indonesia, serta kolaborasi mengenai medsos di TV dan medsos di Moji. Menurut beliau, digital marketing tidak hanya sebagai user, namun juga sebagai brand. Digital marketing itu simple, yakni bagaimana kita melakukan strategi marketing melalui kanal digital. Beliau menyampaikan dalam industri digital TV saat ini ada yang disebut dengan layar kedua, dimana rata-rata sekitar 58% audiens saat menonton TV, juga menggunakan handphone untuk mengakses informasi lainnya. Diakhir pemaparannya beliau menyimpulkan, saat ini Moji TV mencoba mempromosikan program dengan cara yang relevan yakni konten yang menarik dan interaksi dengan audiens. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan penyerahan plakat dan foto bersama. (DM)